3 Tanda Ring Piston Mobil Bermasalah

3 Tanda Ring Piston Mobil Bermasalah

7th April 2020 0 By otomotiv

Banyak hal yang mempengaruhi performa mesin menurun atau tidak bertenaga. Indikasi kerusakan pun bisa dikenali lewat tanda-tanda yang muncul pada mobil.

Ring piston menjadi salah sparepart mobil yang tidak akan cepat rusak atau aus. Tapi, kalau sudah aus, performa kendaraan bisa turun dan menimbulkan polusi udara. Keausan ring piston terjadi karena bagian sampingnya terkikis. Pengikisan ini memperkecil diameter total ring sehingga celah pada silinder semakin melebar. Berikut adalah tanda-tanda ring piston mobil sedang bermasalah yang sebaiknya Anda ketahui.

1.      Oli mesin cepat habis

Seharusnya, ring piston mampu merapatkan celah antara piston dan blok silinder supaya tidak ada aliran oli dari penampung oli ke ruang bakar. Tetapi jika ring piston aus, oli akan lebih mudah masuk ke ruang bakar ketika piston bergerak naik turun.

Pergerakan naik turun piston bisa menyebabkan oli di bak oli bergejolak. Gejolak ini akan membuat oli naik ke ruang bakar karena celah ring yang membesar, sehingga oli akan ikut terbakar dan volume oli mesin akan semakin berkurang.

2.      Keluar asap dari knalpot

Selanjutnya yang menjadi tanda bahwa ring piston telah mengalami keausan adalah keluarnya asap dari knalpot dengan warna putih. Tanda yang kedua terdapat hubungan dengan poin yang pertama, yaitu oli menuju ke ruang bakar dan ikut terbakar sehingga knalpot keluar asap putih.

Apabila mobil Sobat keluar asap putih agak kebiruan saat mesin menyala maka cobalah cek volume dari oli mesin. Jika ternyata olinya berkurang maka itu menandakan bahwa ring piston telah aus.

3.      Suara mesin kasar

Pada saat kondisi mesin normal maka suaranya akan halus dan nyaman dikendarai. Berbeda jika kompresi bocor maka suara mesin menjadi agak kasar dan terasa kurang nyaman saat mendengarnya. Tentunya hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan perjalanan yang sedang dilakukan ke tempat yang dituju. Adanya suara kasar tersebut menjadi salah satu tanda ring piston mobil aus dan perlu segera dilakukan penggantian.