4 Cara Mudah Memilih Oli Mobil yang Tepat

4 Cara Mudah Memilih Oli Mobil yang Tepat

25th November 2019 0 By otomotiv

Memilih oli mobil yang tepat menjadi langkah yang sangat penting. Itu karena pemilihan yang tepat bisa membuat mesin mobil bekerja dengan performa terbaik.

Fungsi utama oli mobil adalah melumasi mesin agar tidak berbenturan dengan bagian lain. Untuk itu, dibutuhkan beberapa informasi dan langkah sebelum memilih oli mobil untuk kendaraan kita.

Berikut adalah tips yang harus Anda lakukan untuk memilih oli mobil yang tepat:

1. Cek rekomendasi dari buku panduan

Langkah pertama yang penting untuk dilakukan adalah mengetahui jenis oli yang cocok untuk mobil Anda. Informasi ini bisa didapat dengan melihat isu buku panduan yang didapat saat melakukan pembelian. Di buku itu, Anda akan mengetahui spesifikasi oli mesin berstandar API (American Petroleum Institute) Service yang cocok untuk kendaraan Anda.

2. Memperhatikan tingkat kekentalan oli

Meski memiliki fungsi yang sama, oli tak akan bisa mengoptimalkan mesin jika tak sesuai dengan karakter kendaraan Anda. Perbedaan setiap oli bisa dilihat dari tingkat kekentalan cairan. Tingkat kekentalan alias viscosity-grade ini ditunjukkan dengan nomor Society of Automotive Engineer (SAE).

3. Menentukan pilihan jenisnya

Setelah tingkat kekentalan, Anda harus bisa membedakan dua jenis oli mobil, yakni mineral dan sintetis. Oli mineral terbentuk dari ekstraksi minyak bumi yang bisa bekerja secara efektif untuk mobil keluaran lama. Sedangkan oli sintetis terbuat dari campuran bahan kimia yang bekerja secara efektif untuk mobil keluaran terbaru.

4. Melakukan pergantian secara berkala

Setelah melakukan pemilihan jenis yang cocok untuk kendaraan Anda, langkah selanjutnya adalah melakukan pergantian secara rutin. Tujuannya tentu agar performa mobil Anda bisa selalu bekerja dengan optimal. Bisa dilakukan setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali.