4 Langkah Mengatasi Oli Rembes Pada Mobil

4 Langkah Mengatasi Oli Rembes Pada Mobil

8th January 2020 0 By otomotiv

Menemukan genangan cairan oli di bawah kendaraan adalah pertanda buruk bagi setiap pengemudi. Oli mobil adalah elemen penting untuk mekanisme mobil karena oli bisa membuat mesin bekerja dengan pelumasan yang tepat. Oli Ini meningkatkan umur komponen dengan mengurangi korosi dan gesekan antara bagian mesin yang bergerak.

Tanpa oli, komponen-komponen yang ada tidak bisa terlumasi dengan baik Akibatnya, mesin mobil akan cepat rusak dan aus. Untuk mengatasinya, kita harus tahu penyebab utama mengapa oli bisa bocor dan mencari solusi atas masalah tersebut. Berikut ini beberapa cara mengatasi oli mobil merembes

1.      Ganti parking yang rusak atau segel yang sudah aus

Mesin memiliki berbagai komponen dan poros. Setiap sambungan dari bagian yang berbeda memiliki gasket untuk menjaga oli di dalam mesin sementara setiap poros memiliki segel oli di sekitarnya. Semakin sering mobil digunakan, semakin banyak bagian-bagian mesin bergerak, poros berputar, suhunya turun hingga di bawah titik beku dan kemudian tiba-tiba naik hingga ratusan derajat.

Hal-hal ini secara bersama-sama bekerja untuk merusak sealant dan gasket. Minyak mulai bocor perlahan, tetapi segera lubangnya menjadi cukup besar untuk membuat genangan air.

2.      Memperbaiki gasket minyak

Segel dan paking baru tidak memerlukan biaya banyak tetapi menggantinya memakan waktu karena mungkin perlu membuka atau melepas banyak komponen untuk mencapai yang rusak. Mengganti gasket yang rusak mungkin proses yang menghabiskan waktu.

3.      Gunakan sealant oli mesin

Jika kebocorannya kecil, sealant oli bocor engine berkualitas bagus bisa membantu mengatasi oli rembes. Sealant adalah sejenis cairan yang harus dicampur dengan oli mesin. Sealant menutup kebocoran dari dalam ke luar dan berfungsi sebagai kondisioner untuk segel dan paking bersama, karena keadaan cairnya, itu tidak menyumbat bagian mana pun.

4.      Kencangkan baut yang longgar

Terkadang, baut yang lepas adalah alasan untuk masalah kebocoran oli. Hal ini merupakan  masalah umum karena kacang dan sendi cenderung menjadi longgar seiring waktu. Solusinya adalah mengencangkan mereka dengan kunci pas torsi. Namun, model mobil yang berbeda memiliki spesifikasi pola dan toleransi yang berbeda untuk digunakan untuk menarik baut dengan kencang. Jadi, periksa manual pemilik dan ketahui persyaratannya.