4 Tips Mudah Perawatan Kendaraan di Musim Hujan

4 Tips Mudah Perawatan Kendaraan di Musim Hujan

3rd December 2019 0 By otomotiv

Musim hujan telah tiba, perawatan kendaraan pun harus diperhatikan lebih ekstra. Di musim hujan seperti ini, kendaraan sangat dibutuhkan dalam kondisi yang optimal. 

Itu karena air hujan disebut-sebut memiliki kandungan yang lebih berbahaya dibandingkan air biasa. Maklum, di dalam air hujan, terdapat kandungan garam yang bisa merusak material kendaraan. Karena itulah Anda harus mengetahui lebih dalam terkait perawatan kendaraan.

Berikut 5 tips mudah perawatan kendaraan di musim hujan.

1. Pembersih Kendaraan

Pada musim hujan pembersih kendaraan sifatnya wajib kamu bawa. Sebab begitu begitu kendaraan tersiram air hujan, kamu bisa langsung membersihkannya. Jangan biarkan air hujan mengerig dengan sendirinya. Karena sifatnya yang mengandung garam, air hujan yang mengering dapat menimbulkan jamur dan merusak lapisan cat kendaraan.

2. Rutin cek bagian mesin
Bagian terpenting dari kendaraan adalah area mesin, salah satunya di area kolong yang biasanya terkontak langsung dengan air genangan di jalan. Pastikan kamu membersihkan bagian penting tersebut setelah hujan reda.

3. Semprotkan silicon spray

Silicon spray sangat penting untuk mengantisipasi cuaca yang sering berubah-ubah. Silicon spray mampu menjaga kaca, karet, serta bodi kendaraan tetap awet dan lentur.

4. Parkir kendaraan di tempat teduh

Jika tidak digunakan, kendaraan sebaiknay diparkir di tempat tertutup. Jika memang tidak memungkinkan, kamu bisa memarkirkan di tempat terbuka namum gunakan cover body yang tahan air.