5 Cara Membedakan Sparepart Asli atau Palsu

5 Cara Membedakan Sparepart Asli atau Palsu

30th March 2020 0 By otomotiv

Sepeda motor yang Anda kendarai untuk beraktivitas sehari-hari tentunya perlu dirawat dengan baik. Seiring pemakaian, perlu ada penggantian beberapa sparepart motor. Agar kemampuan motor tetap prima, sebaiknya Anda gunakan sparepart motor yang asli.

Perlu Anda ketahui, sparepart di pasaran ada dua jenis, yaitu asli dan palsu. Jika ingin kendaraan Anada tetap optimal, pastikan Anda tidak menggunakan sparepart yang palsu. Hal tersebut tentu akan sangat merugikan. Anda tidak hanya mengeluarkan uang untuk barang dengan kualitas yang buruk, tetapi menggunakan sparepart kendaraan palsu juga akan membahayakan keselamatan Anda.

Agar Anda tidak tertipu saat membeli sparepart, berikut ini cara membedakan sparepart motor asli dan palsu.

1.      Periksa kode dan nomor seri

Cara membedakan sparepart motor asli dan palsu adalah dengan memeriksa kode dan nomor seri yang ada. Setiap barang yang dijual oleh bengkel resmi memiliki nomor seri tertentu. Setiap nomor seri yang tercantum dalam suatu barang akan terdaftar di katalog resminya. Jika Anda melihat ada yang janggal dalam hal itu, Anda perlu waspada dan berpikir dua kali.

Meski begitu, bukan berarti barang tidak dilengkapi dengan nomor seri. Itu sebabnya, Anda harus lebih jeli dalam memeriksa barang incaran. Biasanya, tampilan kode atau nomor seri barang palsu lebih ringkih dan mudah hilang.

2.      Kondisi fisik spare part

Saat membeli sparepart motor, perhatikan kondisi kemasan dan fisik part yang akan dibeli. Jangan sampai, parts yang dibeli ternyata palsu. Anda bisa meminta kepada pihak bengkel untuk memperlihatkan parts apabila terbungkus rapat dalam karton.

3.      Kondisi produk dan kemasan

Pabrik suku cadang imitasi berusaha membuat atau mengemasnya begitu mirip dengan asli. Tapi, Anda jangan sampai terkecoh, apalagi membeli part yang kemasannya sudah terbuka.

Pastikan kemasan dalam keadaan baik, tidak sobek, dan kemasan belum terbuka untuk menjamin keasliannya. Selain kemasan, konsumen sebaiknya membeli sparepart di bengkel resmi.

4.      Periksa stiker barcode dan label hologram

Stiker barcode yang tertera pada kemasan dalam kondisi baik dan tidak rusak, sobek maupun dalam kondisi tulisan jelas. Untuk barcode sparepart motor yang asli biasanya saat proses scan barcode sesuai dengan produk suku cadang yang diinginkan.

Untuk sparepart motor yang asli keluaran Honda biasanya akan ada label stiker hologram menempel pada kemasan. Stiker untuk produk asli tidak terlepas dan logo tercetak dengan jelas.

5.      Tanyakan garansi

Jika Anda sudah memeriksa barang incaran tersebut dengan seksama, ini saatnya Anda untuk menanyakan garansi dari barang tersebut. Umumnya, sparepart asli memiliki garansi panjang.

Selain itu, sparepart motor asli biasanya memiliki garansi yang diberikan sendiri oleh pihak produsen kendaraan tersebut. Sementara yang palsu hanya diberikan garansi toko.