5 Cara Ringan dan Sederhana untuk Merawat Ban Motor

5 Cara Ringan dan Sederhana untuk Merawat Ban Motor

21st November 2019 0 By otomotiv

Seperti bagian lain, ban motor juga memiliki waktu usia pakai. Jika saatnya tiba, pergantian ban harus dilakukan mengingat itu adalah salah satu komponen penting dalam berkendara.

Namun, jika mengetahui caranya, ban motor bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama. Pada akhirnya, Anda tak perlu merogoh kocek untuk melakukan penggantian yang terlalu sering.

Selain untuk menghemat biaya, mengetahui cara merawat ban motor bisa meminimalisir risiko kecelakaan, khususnya saat musim hujan tiba. Berikut adalah beberapa cara merawat ban motor yang patut Anda ketahui:

1. Memakai ukuran yang sesuai

Anda harus memakai velg dan ukuran ban yang disarankan pabrikan motor, termasuk ban dalam maupun luar. Pabrikan motor tentu sudah memperhitungkan ukuran ban yang cocok untuk motor masing-masing. Jika ukurannya tidak sesuai, ada potensi hal tersebut justru merusak beberapa komponen.

2. Jangan membawa beban berlebih

Anda harus mengetahui kapasitas motor Anda untuk persoalan membawa beban. Jika membawa beban yang berlebih, ada beberapa risiko yang bisa didapat. Salah satunya adalah membuat ban motor lebih cepat aus.

3. Memeriksa tekanan angin

Untuk hal ini harus dilakukan secara rutin. Jika tidak, tentu Anda tak akan sadar bahwa ban motor Anda dalam kondisi kurang angin. Jika digunakan dalam kondisi tersebut, risiko ban bocor akan lebih besar.

4. Pilih tempat parkir yang teduh

Sebaiknya jangan memarkir motor Anda di tempat yang tak memiliki atap. Jika cuaca sedang terik, suhu panas akan membuat tekanan angin ban meningkat karena pemuaian udara. Hal ini bisa membuat ban lebih mudah pecah.

5. Bersihkan secara rutin

Ini adalah salah satu cara paling mudah. Anda harus terbiasa membersihkan ban dari kotoran-kotoran. Jika ada banyak kerikil atau pasir yang menempel, hal itu akan membuat ban lebih cepat tipis.