5 Cara Sederhana Merawat Ban Mobil tetap Awet

5 Cara Sederhana Merawat Ban Mobil tetap Awet

9th January 2020 0 By otomotiv

Ban merupakan komponen penting pada kendaraan bermotor. Selain berfungsi untuk mengurangi getaran yang diakibatkan oleh ketidakteraturan jalan dan melindungi roda dari keausan, ban dapat menyeimbangkan kendaraan saat berada di atas permukaan tanah yang bergelombang.

Jika ban mobil bermasalah maka tentu saja akan ada gangguan-gangguan yang muncul ketika mengendarai mobil. Salah satunya yang sering terjadi adalah kerusakan ban mobil dapat menjadi  penyebab mobil goyang saat jalan. Jika dibiarkan terus menerus maka tentu saja akan membahayakan ketika anda sedang mengendarai mobil.

Berdasarkan alasan-alasan tersebut, ada baiknya Anda menjaga keawetan ban mobil milik Anda dengan melakukan beberapa hal berikut:

1.      Rutin memeriksa kondisi ban

Setelah bepergian menggunakan mobil, periksalah selalu kondisi ban mobil Anda. Kenapa hal ini perlu dilakukan? Saat mobil yang Anda kendarai tanpa sengaja masuk ke dalam jalanan yang berlumpur, kotoran berbentuk lumpur basah akan tertinggal. Dan jika tidak segera dibersihkan, kotoran tersebut akan mengering. Kkotoran yang telah mengering itulah yang dapat mengganggu laju kendaraan Anda.

2.      Pastikan tekanan angin ban pas

Tekanan angin yang kurang atau berlebih dapat menjadi masalah yang menyebabkan mobil goyang. Jika tekanan angin terlalu rendah, maka menyebabkan gesekan antara ban mobil dan jalan semakin besar. Hal ini tentunya akan mempengaruhi usia pakai ban mobil dan menyebabkan ban menjadi lebih cepat rusak. Sedangkan jika tekanan angin berlebihan akan menyebabkan ban menjadi lebih licin dan mudah terpeleset saat bergesekan dengan jalan. Sehingga penting untuk memastikan tekanan angin pada ban mobil selalu pas.

3.      Tukar posisi ban secara berkala

Pastikan Anda menukar posisi ban mobil secara berkala, sesuai dengan keausan masing-masing ban. Biasanya ban mobil bagian depan lebih cepat aus dibandingkan dengan ban mobil bagian belakang, karena ban bagian depan digunakan untuk berbelok maupun mengerem laju mobil. Waktu terbaik untuk melakukan penukaran posisi ban adalah per 5.000 kilometer jarak tempuh kendaraan.

4.      Perhatikan barang bawaan

Membawa banyak barang saat bepergian memang tidak dilarangan, akan tetapi Anda tetap harus memerhatikan berat keseluruhan barang yang dibawa. Semakin berat maka kendaraan pun akan menanggung beban yang semakin berat juga. Oleh karena itu, barang yang tidak terlalu penting untuk dibawa sebaiknya tidak usah dibawa.

5.      Periksa ke bengkel secara rutin

Meskipun Anda sudah melakukan perawatan ban secara rutin, namun tidak ada salahnya jika Anda juga membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan secara rutin. Di bengkel tentu memiliki peralatan yang cukup lengkap dengan teknisi yang handal, sehingga kondisi ban mobil bisa diperiksa lebih lanjut.