5 Faktor Penyebab Spare Part Mobil Cepat Rusak

5 Faktor Penyebab Spare Part Mobil Cepat Rusak

3rd January 2020 0 By otomotiv

Selain faktor usia, kebiasaan Anda saat mengemudi mobil ternyata dapat memicu kerusakan pada komponen mobil. Meski terkesan sepele, lalai dalam berkendara dapat membahayakan keselamatan pengendara dan penumpang, sekaligus mempercepat kerusakan mobil yang Anda kendarai.

Penting juga bagi Anda untuk mulai mengenali ciri-ciri mesin mobil masih bagus, agar Anda mengetahui komponen mobil mana yang harus di service secepat mungkin. Untuk itu hindari beberapa faktor penyebab kerusakan mobil sebagai berikut:

1.      Menginjak rem terus menerus saat jalanan turun

Menginjak rem terus menerus saat posisi jalanan turun adalah hal buruk yang kemungkinan akan menambah keausan pada bantalan rem dan cakram. Hal ini menyebabkan Anda harus menggantinya lebih sering.

Saat menuruni jalanan turun, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah menggunakan gigi rendah, berikan sedikit pengereman ringan, dan kemudian lepaskan pedal untuk kemungkinan rem menjadi dingin. Selain itu pahami juga sistem karburator agar mobil Anda awet.

2.      Kekurangan dan kelebihan oli kompresor

Oli kompresor berfungsi sebagai pelumas bagian-bagian spare part mobil yang bergerak pada kompresor seperti, piston dan bearing. Oli kompresor sebagai pelumas spare part AC mbil sangat vital peranannya dalam melancarkan gerakan piston sehingga menciptakan suhu dingin.

Kelebihan kompresor akan membuat sebagian oli kompresor menempel pada dinding pipa komponen seperti evaporator dan kondensor. Penempelan oli kompresor pada evaporator maupun kondensor akan menyulitkan pelepasan atau penyerapan panas.

Tetapi jika kapasitas pelumas atau oli kompresor sangat sedikit dan tidak mencukupi untuk pelumasan. Tentunya akan menyebabkan perputaran bagian-bagian komponen kompresor seperti piston dan bearing akan terhambat, serta mengakibatkan komponen akan cepat sekali aus dan rusak.

3.      Temperatur mesin mobil yang terlalu panas

Siapa sangka kalau suhu mesin mobil yang panas menjadi salah satu penyabab kenapa spare part AC mobil gampang rusak. Pastinya Anda akan merasa kecewa jika ternyata spare part AC mobil jadi hampang rusak. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa temperatur mesin pada mobil yang tidak stabil bisa menyebabkan kerusakan pada komponen AC mobil Anda.

4.      Flooring akselerator dengan gigi tinggi

Banyak mobil modern memiliki lampu indikator perpindahan gigi, yang dapat membantu Anda kapan harus mengganti atau menurunkan gigi. Ini cenderung ditetapkan untuk ekonomi, jadi lebih sering daripada tidak Anda akan bergeser pendek untuk memaksimalkan efisiensi. Anda perlu mengawasi ikon downshift atau bersiaplah untuk berubah jika diperlukan. Untuk kondisi seperti ini penggantian oli rutin wajib dilakukan.

Berakselerasi pada putaran rendah, atau pada gigi terlalu tinggi, berarti membuat mesin bekerja lebih keras, menyebabkan tekanan yang tidak perlu pada motor. Ubah ke bawah dan biarkan revs naik sebelum berganti. Ini sangat penting saat membawa beban berat atau saat mendaki bukit.

5.      Mobil sering kelebihan muatan

Mobil modern dirancang untuk membawa beban berat, tetapi itu tidak berarti mobil tidak dapat kelebihan beban. Semakin besar bobot, semakin banyak ketegangan yang Anda letakkan pada rem, suspensi, dan drivetrain.