5 Rekomendasi Pelindung Cat mobil Terbaik

5 Rekomendasi Pelindung Cat mobil Terbaik

6th January 2020 0 By otomotiv

Pelindung cat mobil atau biasa disebut dengan paint protection ini merupakan cairan yang mampu melindungi permukaan cat mobil. Tampilan mobil yang kusam dan pudar tentunya membuat mobil anda tidak enak dipandang. Untuk itu pentingnya melakukan perawatan rutin pada eksterior mobil anda.

Fungsi dari paint protection ini untuk melindungi cat mobil anda dari sinar matahari, debu, polusi, dan lainnya yang dapat memudarkan warna pada cat mobil. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran seperti Meguiars, 3M, Turtle Wax, dan sebagainya mungkin akan membuat Anda bingung saat memilih.

Mari simak lebih lanjut beberapa jenis paint protection mobil terbaik yang direkomendasikan untuk mobil anda.

1.      Wet Gloss

Paint Protection terbaik yang dapat digunakan untuk mobil anda adalah Wet Gloss. Namun, pelindung cat ini memang tergolong mahal di Indonesia. Harganya bisa mencapai Rp 20-80 juta tergantung dari tipe serta kesulitan dalam proses pengerjaannya.

Meskipun mahal, paint protection ini menawarkan kualitas yang sangat maksimal dan memuaskan. Wet Gloss dapat melindungi mobil anda hingga 5 tahun. Ketebalan pengaplikasiannya juga cukup tipis sekitar 0.8 mm, cukup kuat untuy segala gangguan yang dapat membuat warna mobil anda terlihat kusam.

2.      Wax

Paint protection terbaik lainnya yang dapat anda gunakan adalah Wax. Jenis perlindungan cat mobil ini memiliki sifat yang sementara, mampu bertahan sekitar 2 minggu hingga 6 bulan. Apalagi jika mobil terlalu sering dicuci ataupun tetesan hujan dapat menyebabkan lapisan Wax menjadi lebih cepat pudar dan membuat tampilan mobil kusam.

Anda harus berhati-hati ketika memilih jenis Wax yang memiliki tampilan wet look, karena terdapat kandungan minyak yang membuat cat mobil akan terasa lengket sehingga debu dan kotoran mudah menempel di permukaan mobil.

3.      Protection film

Keunggulan protection film jika dibandingkan dengan wax adalah jenis pelindung cat mobil ini dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu protection fil ini juga sangat tahan terhadap noda serta tidak membutuhkan perawatan yang cukup sulit. Namun, harga pelindung cat mobil ini terbilang cukup mahal, sehingga anda mungkin perlu budjet lebih untuk melapisi seluruh permukaan cat mobil anda dengan jenis paint protectoin ini.

4.      Nano ceramic

Pelindung cat mobil nano ceramic ini merupakan teknik yang cukup banyak digunakan karena membuat mobil terlindungi dengan adanya lapisan kaca yang mengeras pada permukaan mobil. Jenis paint protection ini memang memiliki kualitas yang baik karena dapat bertahan hingga jangka waktu yang lama. Bahan utama yang digunakan dalam proses pengerjaannya adalah keramik. Dengan pelapisan keramik ini, anda tidak akan kerepotan dalam perawatan mobil. Bahkan mencuci mobil nya pun tidak membutuhkan teknik khusus atau perlakukan yang begitu khusus.

5.      Sealant

Bahan lapisan cat yang biasa digunakan adalah glasspexin man made, polymer, PTFE maupun kombinasi ketiga bahan tersebut. Hanya saja sayangnya perlindungan cat mobil ini tidak dapat bertahan lama, kira-kira sekitar 3-5 bulan saja. Meskipun begitu, harga perlindungan mobil ini cukup ekonomis untuk konsumen di Indonesia yang berada pada menengah ke bawah. Hasil untuk paint protection mobil ini memang tidak terlihat glow, namun lebih terkesan soft serta agak cukup sulit saat ingin dihilangkan.