5 Tanda Filter Udara Mobil Bermasalah

5 Tanda Filter Udara Mobil Bermasalah

8th April 2020 0 By otomotiv

Kendaraan yang berjalan dengan baik dapat membantu pengemudi mengurangi biaya operasi secara keseluruhan. Mengganti filter udara merupakan salah satu cara untuk memberikan efisiensi maksimal selama mengemudi.

Tidak hanya mesin yang berpengaruh terhadap boros atau tidaknya mobil Anda menggunakan bahan bakar. Filter udara menjadi aktor penting terhadap efisiensi perjalanan Anda. Berikut ciri-ciri atau tanda sudah saatnya ganti filter udara mobil:

1.      Berkurangnya akselerasi dan tenaga

Jika terasa tenaga mobil menjadi loyo saat sobat ingin berakselerasi, itu bisa menjadi salah satu pertanda filter yang sudah sangat kotor. Sebaiknya segera periksa filter udara mobil sobat, memeriksakan ke teknisi terpercaya tentu lebih baik untuk mendiaknosa permasalahan.

Jika tidak ada masalah pada komponen lain dan filter terlihat sudah sangat kotor, sebaiknya ganti filter tersebut dengan yang baru.

2.      Jarak tempuh mobil

Perusahaan pembuat filter udara biasanya menyarankan agar diganti setelah jarak tempuh 20.000 – 25.000 Mil (32.186 – 40.233 km). Namun agar lebih aman, sebaiknya filter udara diganti setelah jarak tempuh 10.000 – 15.000 mil (16.090 – 24.140 km) saja.

Sebenarnya itu juga tergantung seberapa kotor udara pada jalan yang sering dilewati, petunjuk di atas mungkin hannya cocok untuk kendaraan di dalam perkotaan dengan udara yang relatif bersih saja. Pada mobil yang sering melalui jalan berdebu, mungkin filter udara harus sudah diganti setelah menempuh jarak yang lebih pendek.

Untuk interval waktu, sebaiknya mengganti filter udara sekali setahun, karena pada mobil yang digunakan sehari-hari secara normal, biasanya jarak tempuhnya berkisar 10.000 hingga 20.000 km per tahun.

3.      Perubahan tampilan filter udara

Penampilan filter adalah salah satu indikator paling jelas dari masalah ini. Kebanyakan filter udara baru berwarna putih bersih. Tetapi ketika filter menjadi rusak dari waktu ke waktu, itu akan sering berubah gelap, karena kotoran dan puing yang telah tersangkut atau bersarang pada filter udara tersebut.

Pemilik kendaraan harus memeriksa filter udara mereka di siang hari untuk melihat apakah ada perubahan yang signifikan terhadap warna eksteriornya. Lampu tambahan akan membantu pemilik melihat di dalam filter untuk memeriksa debu tambahan atau masalah lainnya.

4.      Boros bahan bakar

Filter udara yang kotor mengakibatkan asupan udara menjadi kurang ke ruang bakar, sehingga pembakaran tidak sempurna sebagaimana mestinya. Akibatnya konsumsi bahan bakar akan lebih boros.

Jika konsumsi bahan bakar mobil Sobat menjadi lebih banyak dari biasanya, mungkin itu juga tanda untuk segera ganti filter udara.

5.      Keluar asap dari knalpot

Filter udara yang sudah jenuh dan sangat kotor, akan membuat banyak partikel masuk ke ruang bakar dan menyebabkan pembakaran tidak sempurna yang ditandai keluarnya asap dari kenalpot, bahkan bisa berupa asap hitam yang tebal.

Jika Sobat menemukan asap yang banyak berasal dari knalpot, mungkin itu tanda bahwa filter udara mobil sobat sudah minta diganti dengan yang baru.