5 Tips Memilih Helm yang Tepat untuk Pengendara Motor

5 Tips Memilih Helm yang Tepat untuk Pengendara Motor

31st December 2019 0 By otomotiv

Bagi pengendara motor, helm menjadi komponen yang wajib untuk dimiliki. Tak hanya untuk menghindari sanksi tilang, helm juga sangat penting untuk keselamatan Anda saat berkendara.

Tak hanya itu, helm juga kerap menjadi wujud dari selera fashion masing-masing pengendara motor. Itu karena saat ini banyak dijual helm dengan warna dan gambar yang sangat unik.

Namun, Anda jangan hanya terfokus pada warna dan gambar saat memilih helm. Ada banyak hal lain yang juga harus diperhatikan. Berikut rinciannya:

1. Pilih Helm SNI

Ini adalah syarat agar Anda tidak ditilang polisi saat sedang berkendara. Helm Anda harus memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI) yang biasanya ada di sisi belakang helm.

Selain SNI, Anda juga bisa memilih helm yang memiliki label DOT (Department of Transportation), label standar luar negeri. Helm berlabel DOT sama amannya dengan SNI.

2. Pilih Sesuai Ukuran

Anda harus memiluh helm yang pas dengan ukuran kepala. Jangan sampai memilih yang kekecilan atau kebesaran. Pasalnya, itu akan mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara dan berbahaya bagi keselamatan.

Beberapa ukuran helm yang tersedia adalah S, M, L, dan XL. Karenanya, Anda harys menjajalnya terlebih dahulu sebelum membeli helm.

3. Sesuai Kebutuhan

Ada dua jenis helm saat ini, yakni half face dan full face. Pemilihan ini sangat bergantung pada kebutuhan. Full face cocok untuk helm perjalanan jauh dan touring.

Jika Anda yang sehari-harinya beraktivitas di dalam kota, half face bisa jadi pilihan. Itu karena jenis helmi tersebut mudah untuk dibuka tutup kacanya.

4. Pilih yang Memiliki Strap

Tingkat kenyamanan saat memakai helm juga dipengaruhi strap atau tali pengikat. Pilih strap helm yang tidak terlalu mencekik atau longgar. Selain itu, helm Anda harus memiliki strap yang kuat agar tidak mudah putus atau rusak.

5. Pilih yang Memiliki Perlindungan Ekstra

Di beberapa merk helm yang sudah memiliki nama, ada perlindungan ekstra yang diselipkan. Salah satunya adalah gembok atau tali pengaman helm. Alat-alat ini berguna untuk menjaga keamanan helm selama di parkiran. Anda bisa mengikat helm di sepeda motor agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.