5 Tips Menghindari Motor dari Kemalingan

5 Tips Menghindari Motor dari Kemalingan

9th April 2020 0 By otomotiv

Pencurian sepeda motor marak terjadi khususnya di kota-kota besar. Meskipun pabrikan telah menyematkan beberapa fitur untuk menghindari pencurian, nyatanya para pencuri tetap bisa membobol fitur kemanan tersebut.

Tindak kejahatan pencurian biasanya terjadi dengan cepat dan tepat. Untuk mencegah kasus tersebut, berikut beberapa tips untuk mencegah motor menjadi sasaran para pelaku curanmor. Ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir atau paling tidak menyulitkan para pencuri yang ingin mencuri motor. Berikut 5 tips sederhana yang bisa Anda terapkan.

1.      Gunakan pengaman tambahan

Pengaman tambahan ini dapat berupa gembok motor yang dikaitkan pada lubang cakram depan dan rantai belakang apabila motor Anda berjenis bukan matic. Namun jangan lupa pastikan ketika Anda akan berkendara kembali untuk melepas pengaman tersebut.

2.      Kunci stang ke arah kanan

Hal ini merupakan hal yang sangat mudah karena Anda hanya perlu mengunci stang motor ke arah kanan. Beberapa video di dunia maya juga memperlihatkan bahwa motor dengan posisi kunci stang ke arah kanan akan sulit untuk dibobol maling. Namun, sayangnya metode ini tidak bisa diterapkan pada setiap motor karena motor dari pabrikan selain Honda tidak dapat dikunci menghadap ke kanan.

3.      Pasang sistem keyless ignition system

Sistem keyless ignition system juga bisa membuat motor menjadi lebih aman. Sistem ini akan mendeteksi kunci remote dalam radius 1 m. Jika terdeteksi itu artinya pemilik motor sudah bisa menyalakan mesin.

Ketika kunci remote berada di luar radius, maka secara otomatis mesin motor mati dan akan langsung terkunci. Hal ini akan membuat motor menjadi lebih aman karena lebih sulit untuk dicuri.

4.      Memasang alarm

Saat ini sudah banyak beredar alarm untuk pengamanan sepeda motor. Cara kerja alat ini sama seperti dengan alarm yang tersedia pada mobil. Jika motor dinyalakan atau kunci stang motor Anda dirusak maka alarm secara otomatis akan berbunyi dengan nyaring. Namun pilihlah alarm yang tahan air karena beberapa alarm masih rentan rusak saat terjadi hujan.

5.      Pasang stiker pengenal

Hal ini sebenarnya sepele tapi sebenarnya juga berguna, misalnya jika motor Anda kemalingan setidaknya bisa mennjadi pengenal saat pencarian, lalu dengan menempel stiker akan membuat maling berpikir untuk mencuri motor tersebut. Usahakan tempel stiker ditempat strategis seperti dibatok lampu, spakbor belakang atau jika dimotor matik bisa ditempel didashbord dekat anak kunci.