5 Tips Merawat Jaket Motor Agar Tidak Cepat Rusak

5 Tips Merawat Jaket Motor Agar Tidak Cepat Rusak

6th April 2020 0 By otomotiv

Jaket motor merupakan perlengkapan pelindung khusus yang dikenakan para pengendara sepeda motor, khususnya ketika menempuh perjalanan jauh. Anda tentu sering melihat para pengendara memakai jaket lusuh dan tak terawat.

Tapi jangan asal merawat. Andajuga harus tahu langkah-langkahnya agar jaket tidak cepat rusak. Lalu bagaimana cara terbaik merawat jaket yang kotor?

1.      Gunakan saat perjalanan jauh

Jaket motor merupakan jaket khusus yang cocok dikenakan saat perjalanan saja. Sebaiknya Anda hanya perlu memakai saat hendak menempuh perjalanan jauh saja agar tidak mudah lusuh. Gunakan jaket kasual yang cocok untuk berkendara sehari-hari jika perjalanan yang ditempuh cukup dekat.

2.      Bersihkan saat kotor

Saat berkendara tentu para pengemudi motor akan menerpa berbagai polusi udara dan debu. Jaket pasti akan berdebu ketika usai dikenakan berkendara di jalanan sehingga Anda harus membersihkannya secara rutin setelah keluar ruangan. Debu bisa menyebabkan jaket tampak lebih mudah kusam dan bau.

Anda tidak perlu berkali-kali mencucinya, cukup gantungkan jaket di tempat terbuka dengan udara bersih. Kemudian tepuk-tepuk untuk membersihkan debu yang menempel di permukaan jaket.

3.      Cuci dengan perlahan

Anda mungkin mengetahui bahwa beberapa pakaian yang dibuat dengan desain mewah atau spesial tidak dapat dicuci sembarangan, bahkan tidak dengan mesin cuci. Pakaian tersebut akan lebih awet jika dicuci manual dengan dikucek. Begitupun dengan jaket motor, namun Anda masih bisa mencucinya di mesin dengan pengaturan stabil.

Pastikan bahwa tidak ada celah yang masih kotor atau terdapat warna yang rusak karena pakaian lainnya. Cuci secara terpisah mengingat bahan jaket pun cukup tebal.

4.      Keringkan saat basah

Jaket ini mampu melindungi pengendara motor dari hujan deras ataupun ringan sehingga Anda perlu mengeringkannya segera setelah perjalanan. Apabila jaket dikenakan saat cuaca panas, tentu badan Anda akan basah penuh keringat. Ini membuat jaket cepat bau, sebaiknya jemur jaket di udara terbuka, lebarkan bagian yang basah karena keringat.

Jika jaket basah lepek karena hujan, Anda bisa langsung mencucinya agar tidak menimbulkan bau tidak sedap dan jamur.

5.      Simpan dengan baik setelah dipakai

Setelah dipakai, jaket sebaiknya digantung pada tempat yang jauh dari banyak pakaian pada umumnya. Letakkan jaket di tempat terpisah dengan hanger mengingat jaket ini terkena debu dan polusi saat perjalanan jarak jauh.