6 Tips Ampuh Mengilangkan Bau Apek Pada Helm

6 Tips Ampuh Mengilangkan Bau Apek Pada Helm

10th January 2020 0 By otomotiv

Helm adalah sebuah perangkat yang sangat dibutuhkan oleh setiap biker. Tak hanya berguna sebagai keselamatan, helm terkadang juga menambah Anda jadi keren. Tapi tampil keren saja tak cukup jika ternyata helm Anda bau apek.

Hal itu tentu saja mengganggu pemiliknya. Untuk menghilangkan bau tak sedap, berikut tips yang agar helm tidak bau apek

1.      Berikan parfum pada helm

Untuk yang baunya masih belum terlalu parah ialah memberikannya cairan pewangi beralkohol rendah. Agar tak repot, pemilik kendaraan juga bisa menyemprotkan parfum.

Namun, kadar alkohol yang dipakai tidak boleh terlalu tinggi, karena helm akan bersentuhan dengan rambut. Apabila alkohol belum menguap dan terkena rambut, bisa terjadi reaksi yang bikin rambut rusak.

2.      Cuci dengan sabun

Apabila bau sudah sangat mengganggu, jangan lupa untuk langsung dicuci dengan air sabun. Tak lupa, sikat lembut saat dicuci.

3.      Jemur

Menjemurnya di bawah sinar matahari adalah salah satu cara untuk menghilangkan dan mencegah bakteri dalam helm berkembang.

Setidaknya sempatkan untuk menjemur seminggu sekali. Pastikan saat menjemur, helm menghadap ke atas agar sinar matahari bias masuk ke semua bagian dalam.

Selain menghilangkan bau, menjemurnya di bawah matahari akan membuat spons helm kembali mengembang. Hal ini juga akan membuat helm kembali nyaman ketika digunakan.

4.      Gunakan kopi

Cara ini bisa digunakan jika Anda belum sempat mencuci helm. Namun, cara ini hanya bisa menghilangkan bau selama beberapa hari. Hal ini dikarenakan bakterinya belum hilang.

Jangan langsung ditabur, gunakan kain kecil untuk membungkus kopi bubuk, lalu taruh semalaman di dalam helm.

5.      Pakai balaclava

Jika kebetulan Anda adalah pria yang tidak bisa lepas dari minyak rambut, balaclava bisa menjadi alternatif. Balaclava merupakan masker kepala atau yang biasa disebut masker ninja. Anda bisa mengurangi bau apek yang datang dari minyak rambut yang menempel pada permukaan dalam helm.

6.      Jangan simpan tempat lembab

Setelah digunakan, jangan meletakkan di tempat yang lembap, karena itu akan mempercepat tumbuhnya bakteri dan jamur. Usahakan untuk meletakkan helm di tempat yang sejuk. Berada di ruangan terbuka juga lebih baik.