6 Tips Memilih Helm untuk Hijabers

6 Tips Memilih Helm untuk Hijabers

13th February 2020 0 By otomotiv

Ketika berpergian dengan sepeda motor, maka helm merupakan perlengkapan berkendara yang tidak boleh dilupakan untuk dikenakan. Khusus untuk para wanita, terutama yang menggunakan hijab, ada sedikit kiat khusus untuk menentukan helm yang sesuai agar nyaman dikenakan selama perjalanan.

Dengan penampilan khusus ini, tentunya perempuan berhijab perlu lebih jeli dalam memilih helm hijab yang cocok untuknya. Buat Anda perempuan yang mengenakan hijab, ada baiknya untuk memahami tips ini supaya tidak salah memilih helm.

1.      Utamakan kenyamanan

Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda harus coba dulu helmnya. Apakah sesuai dengan ukuran kepala atau tidak. Kalau Anda mengenakan hijab, berarti ukuran helm yang akan dipilih haruslah sedikit lebih besar dari ukuran kepala. Jangan pilih helm yang terlalu sempit atau terlalu longgar. Pilih ukuran yang memang pas, supaya kepala terlindungi dengan maksimal.

2.      Perhatikan sertifikat helm

Sertifikat helm ternyata penting juga buat kamu perhatikan. Biasanya helm yang baik memiliki sertifikat DOT, SNELL, atau ECE. Ketiga sertifikat ini sudah menjamin keamanan penggunanya, aman mulai dari kepala sampai tengkoraknya. Untuk itu pastikan helm yang Anda beli memiliki salah satu sertifikat tersebut.

3.      Perhatikan fashion helm

Desain helm bisa menjadi opsi tambahan dalam tips memilih helm untuk hijaber. Buat Anda yang ingin tampil menarik dan semangat menjalani hari, bisa juga mempertimbangkan fashion saat membeli helm. Misalnya dari segi warna, pilih warna sesuai selera. Warna cerah tidak masalah asalkan sesuai dengan kepribadian atau mau disesuaikan dengan warna motor Anda juga boleh.

4.      Ganti padding yang ukurannya lebih kecil

Ganti busa halus atau padding helm dengan ukuran di bawahnya. Misal ukuran helm yang dipilih L, maka jangan segan minta ganti padding helm untuk helm berukuran M. Alasannya jelas, agar helm tidak longgar ketika digunakan. Mengganti padding dengan ukuran yang lebih kecil, maka dipastikan busa helm akan lebih tebal.

5.      Pastikan punya sirkulasi yang baik

Sebelum Anda membeli, pastikan dulu helm tersebut punya sirkulasi udara yang baik. Artinya vent yang tersedia bukan sekadar hiasan belaka. Perhatikan kalau vent punya lubang sampai lapisan EPS (Expanded Polystyrene/Styrofoam), sehingga dapat menyejukkan kepala.

6.      Merek helm

Pada umumnya, merek helm luar negeri memiliki jaminan keamanan yang lebih bagus. Namun, bukan berarti helm merek lokal kalah berkualitas dengan helm merek luar negeri. Ada sejumlah helm merek lokal yang kualitasnya sudah lumayan baik seperti, KYT, INK, NHK, dan lain-lain.