7 Bagian Mobil yang Wajib Anda Periksa Sebelum Mudik

7 Bagian Mobil yang Wajib Anda Periksa Sebelum Mudik

14th April 2020 0 By otomotiv

Mudik lebaran dengan mobil pribadi masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Tak hanya lebih fleksible dari segi waktu keberangkatan, namun juga bisa menghemat biaya mudik karena dapat mengangkut banyak orang.

Mengingat perjalanan mudik yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam, maka tak hanya kondisi fisik pemudik saja yang harus prima melainkan kendaraan pribadi juga perlu dipersiapkan secara matang agar perjalanan jauh tidak terganggu dengan timbulnya masalah. Berikut beberapa sparepart mobil yang harus diperiksa sebelum melakukan mudik lebaran.

1.      Cek kondisi mesin

Sebelum Anda melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman, pastikan Anda telah memeriksa kondisi mesin ke bengkel resmi. Jika memang diperlukan, sebaiknya Anda juga melakukan servis tune-up dan mengganti oli mesin mobil Anda agar mesin tetap dalam kondisi prima sehingga dapat bekerja secara lebih maksimal selama melakukan perjalanan mudik.

2.      Oli mesin, transmisi, garden

Mobil yang digunakan pada saat mudik harus selalu menggunakan oli dengan kondisi baik. Oli mesin, transmisi, maupun gardan tidak bisa diabaikan dalam pengecekan, melihat fungsinya yang sangat penting dalam mengurangi gesekan antar komponen.

Mengecek hingga mengganti oli mobil sebelum melakukan perjalanan mudik adalah salah satu cara untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan karena kondisi perjalanan yang tidak terduga.

3.      Air radiator

Salah satu komponen mobil yang perlu Anda cek sebelum mudik bersama keluarga Anda adalah tinggi air radiator. Jika tinggi air radiator telah mendekati batas minimum, maka sebaiknya Anda mengisinya hingga mencapai batas maksimal.

Hal ini bertujuan agar radiator dapat mendinginkan mesin secara maksimal, apalagi biasanya ketika mudik sering terjadi kemacetan sehingga dapat membuat mesin mobil menjadi lebih cepat panas.

4.      Rem

Komponen mobil lainnya yang perlu Anda cek sebelum melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi adalah kondisi rem. Jika laju kendaraan Anda seperti terhambat atau justru kecepatan kendaraan yang tiba-tiba turun secara drastis, maka sebaiknya segeralah cek kondisi rem mobil Anda.

Sebab, jika hal ini dibiarkan terlalu lama akan membuat rem menjadi blong atau tidak berfungsi. Bukan hanya itu saja, Anda juga sebaiknya mengecek juga kondisi suspensi mobil Anda. Sebab, komponen inilah yang menentukan kenyamanan Anda sepanjang perjalanan mudik.

5.      Freon AC

Jangan pernah sepelekan tugas AC saat mobil dibawa mudik bersama keluarga. Anda bisa mengintip via sight glass di ruang mesin. Nyalakan mesin dan AC. Saat idle akan terlihat bening. Saat digas, akan timbul sedikit gelembung udara. Jika saat idle terdapat gelembung udara, artinya freon berkurang.

6.      Ban mobil

Ban merupakan komponen mobil yang cukup penting yang perlu Anda cek sebelum melakukan perjalanan mudik. Beberapa pengecekan yang bisa Anda lakukan meliputi tekanan angin, ban cadangan, serta kondisi fisik ban. Jika kondisi fisik ban sudah terlihat tipis, maka sebaiknya Anda menggantinya untuk meminimalisir terjadinya pecah ban saat mobil sedang melaju dengan kecepatan tinggi.

7.      Sistem penerangan dan lampu

Cek kondisi lampu mobil apakah masih layak digunakan atau tidak. Meski terlihat sepele, lampu utama maupun lampu sein memiliki arti penting di perjalanan. Periksa kembali sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel dan kondisi kabel, serta bohlamnya.