7 Tips Memilih Jaket Motor yang Tepat

7 Tips Memilih Jaket Motor yang Tepat

13th January 2020 0 By otomotiv

Bagi Anda yang hobi berkendara roda dua, perlengkapan safety seperti helm, aksesoris, dan jaket memiliki peran yang sangat penting. Terutama bila Anda hendak melakukan perjalanan jauh antar kota bahkan antar provinsi. Fungsinya tidak bisa dipandang remeh.

Fungsi utama jaket itu sendiri adalah untuk melindungi tubuh pengendara jika terjadi benturan dan melindungi tubuh dari angin. Tidak hanya itu, jaket motor juga dapat membuat seseorang lebih keren, maskulin, dan gagah. Agar tidak salah pilih, ketahui dulu cara memilih jaket motor yang tepat untuk Anda yang hobi berkendara.

1.      Pilih yang sesuai dengan ukuran tubuh

Pilihlah jaket yang sesuai dengan ukuran tubuh, tidak kebesaran atau kekecilan. Jika tidak pas, konsentrasi Anda akan terganggu saat mengendarai motor karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya. Selain itu dari segi fashion, pakaian yang kebesaran dan kekecilan bisa membuat tidak percaya diri. Anda dapat memadukan jaket motor dengan kaos hitam atau polo shirt sebagai dalaman.

2.      Model simpel tanpa banyak tali

Saat ini terdapat beragam pilihan model jaket motor yang ditawarkan. Meski demikian, pastikan memilih model simpel dan tidak memiliki banyak tali. Tali pada jaket berisiko tersangkut ke benda lainnya bahkan bisa membahayakan Anda saat berkendara.

3.      Perhatikan bahan

Memilih bahan jaket juga sangat penting. Pilih jaket dengan daya serap keringat tinggi sehingga tidak menimbulkan kegerahan saat memakainya. Selain itu pastikan bahannya sanggup menahan angin, hujan dan tidak mudah robek seandainya Anda terjatuh dari motor.

4.      Gunakan yang berwarna terang

Gunakan jaket motor yang warnanya cukup terang supaya terlihat jelas pada malam hari. Kamu juga bisa memilih model jaket yang memiliki corak atau garis yang dapat memantulkan cahaya lampu kendaraan di malam hari. Ini penting untuk alasan keselamatan.

5.      Full protector

Jaket motor yang baik harus mampu melindungi area tubuh secara maksimal. Pertimbangkan membeli jaket dengan pelindung dada dan punggung. Di samping mencegah angin mudah masuk, pelindung tersebut berfungsi menjaga area dada dan punggung dari hantaman benda keras saat terjatuh.

6.      Jika Anda menginginkan jaket dari bahan levis

Jaket motor berbahan jeans mulai populer saat ini dan sering dijadikan jaket klub motor. Jaket dengan bahan jeans ini cocok digunakan di daerah yang berangin, punya daya serap keringat, serta tidak terlalu panas jika digunakan siang hari. Tapi kelemahan jaket ini adalah sulit kering karena memiliki bahan yang tebal.

 7.      Jangan pilih yang terlalu tebal

Tips terakhir memilih jaket motor, jangan membeli jaket terlalu tebal. Karena hanya membuat tubuh Anda merasa gerah dan berujung pada ketidaknyamanan. Mempertimbangkan kondisi cuaca tanah air yang tidak terlalu ekstrem saat musim hujan, alangkah baiknya Anda memilih jaket dengan ketebalan sedang namun tetap melindungi Anda dari angin dingin, terutama angin malam.