8 Cara Efektif Mengatasi Aki Drop

8 Cara Efektif Mengatasi Aki Drop

7th January 2020 0 By otomotiv

Aki merupakan salah satu sparepart mobil yang paling penting. Perlu sedikit perhatian lebih, rawatlah hingga dapat digunakan selama mungkin, cek keadaan air aki mobil sebulan sekali jika terlihat air sudah berkurang segera tambah dengan air yang botolnya ditandai dengan tutup berwarna biru.

Bagaimana jika accu sudah terlanjur soak? Hal ini bisa terjadi karena beberapa sebab diantaranya kurang perawatan atau karena memang usia pakai aki tersebut memang sudah seharusnya diganti dengan yang baru. Sebab tanpa aki, maka mobil tidak dapat berjalan. Selain itu, komponen lain yang membutuhkan aki juga tidak dapat berfungsi.

Nah, untuk mengatasi kejadian aki soak terjadi secara tiba-tiba sebaiknya diketahui dulu apa penyebabnya sehingga tips mengetahuinya bisa dilakukan.

1.      Pastikan listrik mati

Sebenarnya aki drop ini juga akibat pengguna yang kurang peduli pada komponen mobil yang berhubung dengan listrik. Maka sebelum meninggalkan mobil, periksa semua bagian mobil yang ada hubungan dengan listrik sudah dimatikan.

2.      Hilangkan cairan yang ada pada aki

Berbagai cairan yang ada pada aki mobil dibersihkan hingga ke bagian sel-sel dari aki tersebut. cara membersihkannya bisa dilakukan dengan cara apa saja atau juga bisa dikuras yang penting semua air yang ada di dalam aki benar-benar kering.

3.      Pembongkaran aki

Aki yang tidak berfungsi salah satunya karena aki tersebut basah. Maka sebelum diperbaiki, aki yang sudah basah ini dibongkar terlebih dulu. Kemudian keluarkan aki tersebut dari mobil. Namun, pastikan anda melakukannya dengan hati-hati untuk menghindari risiko bahaya cabut aki sembarangan.

4.      Pengeringan aki

Aki yang sudah basah sebaiknya dikeringkan dengan sempurna. Lama waktunya minimal 3 jam atau bisa juga dilakukan hingga sehari penuh. Hal yang paling penting, jangan sembarangan membeli kabel aki mobil jika tidak ingin aki mudah basah.

5.      Gunakan air panas

Air panas ini dimasukkan atau dituangkan ke sel. Tujuannya agar sel yang mati itu bersih dan bisa aktif kembali. Lakukan langkah ini hingga 2 atau 4 kali dan bisa berhenti jika air buangan yang keluar benar-benar sudah bersih.

6.      Pengisian air aki

Pengisian air aki dilakukan setelah aki yang dijemur benar-benar kering. Air aki yang dimaksud disini bernama air zuur dituangkan ke dalam aki. Juga ditambahkan pada setiap sel aki itu satu obat bodrex yang sebelumnya telah dilakukan penumbukan hingga obat tersebut benar-benar halus.

7.      Ketahui volume air

Jika aki mobil terus mengalami tekor, maka hal yang bisa dilakukan ialah dengan melihat volume air aki. Harusnya air tersebut berada di antara upper dan lower. Umumnya aki drop juga bisa disebabkan karena sel aki tersebut kering atau airnya berada di bawah level lower.

8.      Penambahan air

Penambahan air dilakukan jika aki tersebut sudah benar-benar kering. Setelah ditambahkan, lakukan charge accu yang terpisah. Langkah lain juga bisa dibawakan charge accu ke tempat setrum accu hingga aki tersebut penuh muatan listriknya.