Agar Terhindar dari Ancaman Virus Corona, 5 Bagian Kabin Mobil Ini Wajib Dibersihkan

Agar Terhindar dari Ancaman Virus Corona, 5 Bagian Kabin Mobil Ini Wajib Dibersihkan

26th March 2020 0 By otomotiv

Salah satu bagian penting yang harus dirawat, demi kenyamanan ketika berkendara, yaitu membersihkan kabin mobil.

Saat interior mobil kotor, maka dengan mudah menjadi sarang bakteri, virus dan serangga. Kondisi ini tentunya akan membuat kenyamaan ketika berkendara menjadi terganggu.

Belakangan ini ramai muncul berita seputar penyebaran virus corona. Hal ini membuat masyarakat dunia panik dan berusaha untuk selalu menjaga kebersihan diri sendiri, bahkan tidak terkecuali untuk membersihkan kendaraan kesayangan Anda. Lalu bagian apa saja yang harus dibersihkan dan bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut.

1.      Setir mobil

Setir mobil menjadi benda yang pasti disentuh oleh tangan, sehingga membutuhkan perhatian khusus untuk dibersihkan. Setir setiap mobil memiliki bahan yang berbeda-beda sehingga tak sembarang cairan pembersih akan baik untuk bahan pembuat setir mobil.

Jika setir terbuat dari plastik, Anda bisa membersihkannya dengan cairan disinfektan atau pembersih serbaguna biasa. Sedangkan jika setir terbuat dari kulit, baik kulit asli maupun imitasi, gunakan leather cleaner agar permukaannya tidak rusak. Lalu yang terakhir untuk mobil klasik yang menggunakan setir dari kayu asli bisa menggunakan pembersih khusus kayu atau furnitur agar serat kayu tetap sehat.

2.      Klakson mobil

Klakson juga bagian yang sering disentuh tangan, sehingga Anda wajib membersihkannya. Seperti halnya saat membersihkan setir, kenali dulu bahan pelapis klakson terbuat dari apa, dan gunakan larutan pembersih sesuai bahan seperti pada saat membersihkan setir.

Perlu diingat bahwa bahan pembuat setir terkadang tidak sama dengan bahan pada klakson, sehingga pastikan dahulu klakson mobil Anda terbuat dari bahan jenis apa. Selain itu, pastikan cairan pembersih dan air tak masuk ke sela-sela klakson agar tak mengganggu kelistrikan yang ada di dalam setir mobil.

3.      Tombol, tuas, dan kenop mobil

Mobil dilengkapi banyak tombol, tuas, dan kenop untuk menghidupkan aneka fitur yang ada di dalamnya. Seperti tombol pada sistem audio mobil, tuas persneling, hingga kenop untuk menghidupkan AC. Semua benda ini sering dipegang langsung oleh tangan. Bersihkan setiap bagian dengan hati-hati sesuai dengan bahan pembuatnya.

Untuk tombol dan kenop biasanya terbuat dari plastik, sedangkan tuas persneling ada juga yang dilapis dengan kulit.

Pastikan lebih hati-hati saat membersihkan tombol yang berkaitan dengan kelistrikan agar air dan larutan pembersih tidak masuk ke dalam sistem kelistrikan mobil.

4.      Kisi-kisi AC

Udara yang segar diperlukan agar kita tetap sehat. Namun sayangnya orang terkadang malas membersihkan kisi-kisi AC mobil. Bersihkan kisi-kisi AC dengan pembersih bahan plastik atau dengan membuat larutan air sabun. Lap bagian luar kisi-kisi AC hingga bersih.

Selain bagian luarnya, bersihkan juga bagian dalam kisi-kisi AC dengan cotton bud yang sudah dibasahi dengan larutan pembersih. Cotton bud yang dioles larutan pembersih ini akan mengangkat debu dan kotoran yang terdapat di bagian dalam kisi-kisi AC mobil.

5.      Pegangan pintu mobil

Bagian terakhir yang wajib Anda bersihkan adalah pegangan pintu atau door handle mobil. Setiap akan masuk dan keluar mobil, pastinya Anda memegang pegangan pintu ini, bukan? Bersihkan dengan larutan yang sesuai dengan bahan pembentuk door handle mobil.