Butuh Perawatan Khusus untuk 5 Spare Part Motor Ini

Butuh Perawatan Khusus untuk 5 Spare Part Motor Ini

29th November 2019 0 By otomotiv

Bagi pengendara motor, informasi terkait spare part tentu menjadi hal yang sangat penting. Pasalnya, jika ada masalah pada motor, pengendara bisa mengetahui penyebabnya.

Informasi yang harus diketahui soal spare part motor meliputi banyak hal. Mulai dari pemahaman fungsi, model yang cocok, dan bagaimana cara merawatnya. Jika memahami hal-hal ini, Anda bisa mengendarai motor kesayangan dengan performa maksimal.

Soal perawatan spare part motor, ini bukan soal keselamatan saat berkendara saja. Dengan perawatan yang apik, Anda tak perlu sering mengeluarkan biaya untuk servis atau menggantinya.

Nah, ada baiknya untuk mengetahui spare part motor saja yang harus diberikan perawatan khusus. Berikut penjelasannya:

1. Aki

Ini adalah komponen yang sangat penting pada motor Anda. Dan agar selalu bekerja secara maksimal, diperlukan perawatan khusus pada aki. Apalagi jika Anda memakai motor automatic. Jika aki memiliki arus yang lemah, hal itu akan berdampak buruk pada kenyamanan Anda saat berkendara.

2. Rem

Rem juga menjadi komponen paling penting pada motor Anda. Ini bagian yang sangat berpengaruh pada keselamatan Anda saat berkendara. Penting agar selalu mengecek cairan rem dan rutin mengganti kanvas sebelum terlalu tipis.

3. Ban

Dalam cuaca yang sulit diprediksi seperti sekarang ini, ban menjadi komponen penting saat berkendara. Perlu perhatian khusus soal tekanan ban dan tingkat ketebalan ban. Jika dinilai sudah terlalu tipis, ada baiknya Anda harus segera menggantinya.

4. Oli Mesin

Penggantian oli mesin secara teratur akan membuat motor Anda bisa bekerja secara maksimal. Hal itu juga bisa membuat mesin Anda jauh lebih awet tanpa harus sering diservis. Itu karena oli bertugas sebagai pelumas agar tak menimbulkan gesekan antara komponen mesin.

5. Busi

Ini adalah bagian yang paling sering dilupakan pengendara motor. Seperti aki, bagian ini juga butuh perawatan khusus. Itu karena busi menjadi komponen yang paling sering bermasalah jika terkena air hujan.