Deretan Tips Agar Ban Motor Lebih Tahan Lama

Deretan Tips Agar Ban Motor Lebih Tahan Lama

11th December 2019 0 By otomotiv

Ban motor menjadi spare part motor yang sangat penting untuk dijaga. Kondisi ban yang baik secara otomatis akan membuat motor Anda bisa bekerja secara maksimal.

Apalagi di musim hujan seperti sekarang ini, ban motor juga menjadi bagian yang menentukan tingkat safety Anda saat berkendara. Maklum, jika ban tidak dalam kondisi bagus, ada risiko Anda bisa mengalami kecelakaan.

Nah, untuk meminimalisir risiko tersebut, ada baiknya untuk melakukan beberapa tips demi menjaga ketahanan ban Anda. Berikut deretan tips untuk membuat ban motor Anda jauh lebih awet:

1. Pilih permukaan telapak yang sedang

Saat memilih ban motor baru, ada baiknya untuk memilih ban dengan jenis telapak menengah atau sedang. Jangan memilih ban dengan lebar telapak yang kecil seperti yang sedang banyak digunakan anak-anak muda saat ini. Dengan telapak yang sedang, tenaga mesin tidak tersedot secara berlebih dan membuat motor lebih lincah saat bermanuver.

2. Sering cek pentil ban

Jangan sampai pentil ban motor Anda mengalami kebocoran. Karenanya, Anda harus rajin-rajin mengeceknya. Caranya cukup mudah, tinggal mengoleskan atau meneteskan air di atas lubang pentil. Jika ada gelembung udara lalu pecah, itu berarti kondisi pentil Anda sedang bocor.

3. Periksa tekanan udara

Tekanan udara pada ban harus sesuai dengan petunjuk pabrikan. Kurang atau kelebihan angin akan menimbulkan bahaya saat Anda berkendara.

4. Rutin dibersihkan

Membersihkan ban motor secara rutin menjadi hal yang cukup penting. Itu agar ban Anda terbebas dari kotoran atau kerikil yang bisa mempercepat tingkat keausan ban.

5. Atur beban motor

Untuk mengangkut barang, Anda harus teliti memperkirakan bebannya. Membawa beban yang terlalu berat akan membuat ban motor lebih cepat gundul. Selain itu, ada risiko kerusakan pada motor Anda jika melebihi batas beban yang sudah ditetapkan.