Hindari Blind Spot, Begini Cara Mengatur Spion Mobil yang Tepat

Hindari Blind Spot, Begini Cara Mengatur Spion Mobil yang Tepat

20th April 2020 0 By otomotiv

Kaca spion memiliki bentuk kecil, namun perannya sangat besar, terutama untuk keselamatan berkendara. Setidaknya ada tiga kaca spion mobil , yaitu spion kiri, kanan, dan tengah. Ketiganya memiliki fungsi yang sama yaitu membantu pengemudi melihat kendaraan yang ada di samping maupun belakang mobil.

Walaupun terpisah, ketiganya saling berkaitan dan punya peran penting, terutama saat mobil melaju di jalan raya. Umumnya, banyak pengendara yang tidak mengerti betul cara mengatur kaca spion sehingga ada area yang tidak terpantau atau yang lebih akrab disebut titik buta (blind spot).

Jika kaca spion tidak rapi berarti keselamatan Anda sedang terancam. Berikut ini adalah cara mudah untuk mengatur kaca spion mobil.

1.      Mengatur spion bagian kanan dan kiri

Untuk mengatur spion di sisi kanan, duduklah di kursi bagian pengemudi. Coba dekatkan kepala Anda pada kaca di sebelah kanan Anda sambil melihat pantulan gambar yang tercermin pada spion. Lakukan penyesuaian hingga Anda bisa melihat sedikit bagian dari sisi pinggir kanan mobil Anda. Apabila sudah mantap dan sesuai, Anda bisa melakukan hal yang sama pada spion mobil bagian kiri.

2.      Spion depan harus berbeda dari spion kanan dan kiri

Spion mobil tidak hanya terletak pada bagian kanan dan kiri bodi, tetapi juga terdapat di dalam interior, tepatnya terpasang di atas dashboard bagian tengah. Spion samping dan depan harus menyediakan pantulan gambar yang berbeda dari kondisi di luar mobil.

Apabila spion samping memberikan pantulan gambar dari kondisi jalur sebelah. Maka spion depan memberikan pantulan gambar dari kondisi di belakang mobil Anda. Pastikan keduanya berbeda karena jika tidak, berarti Anda belum mengatur spion mobil secara baik dan benar.

3.      Hati-hati dengan posisi blinspot

Blindspot adalah potensi bahaya saat Anda berkendara. Di mana Anda menganggap tidak ada kendaraan lain di sekitar mobil, padahal kendaraan lain itu ada dan cukup dekat. Mengatur ketiga spion dengan baik dan benar adalah kunci untuk menghindari adanya blindspot.

Untuk kaca spion kanan dan kiri arahkan keluar tapi jangan terlalu berlebihan. Pastikan bodi belakang mobil terlihat sebagian. Cara ini dilakukan supaya memperluas pandangan pengemudi ke samping, selain itu bisa juga membantu saat parkir mundur.

Sementara itu pada kaca spion tengah, sesuaikan dengan posisi pandang pengemudi. Bila kurang pas, Anda bisa menggerakkan spion ke samping dan depan. Pastikan pengemudi bisa melihat objek di belakang dan samping mobil lewat spion. Tujuannya agar mobil yang posisinya jauh di belakang dapat terlihat dengan jelas.

4.      Minta orang lain untuk mengelilingi mobil Anda

Untuk memastikan bahwa Anda tidak melewatkan adanya blindspot, mintalah orang lain untuk berjalan mengelilingi mobil selagi Anda berada di belakang kemudi. Pastikan Anda bisa selalu melihat ia melalui ketiga kaca spion selama berjalan. Minta orang tersebut untuk berjalan beberapa kali agar Anda bisa memastikan bahwa pengaturan ketiga spion Anda sudah baik dan benar.