Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Kampas Rem?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Kampas Rem?

24th December 2019 0 By otomotiv

Kampas rem menjadi hal yang sangat penting dalam motor Anda. Karenanya, kondisinya harus mendapat perhatian khusus agar tetap berfungsi sebagai mana mestinya, yakni menghentikan laju kendaraan.

Nah, karena hal tersebut, pemilik kendaraan pun harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti kampas rem. Namun, tak ada penghitungan yang pasti terkait hal itu.

Waktu pergantian ditentukan dari pemakaian si pemilik kendaraan. Selain itu, kondisi lalu lintas dan medan yang dilewati juga ikut menjadi faktor yang menentukan kapan waktu pergantian kampas.

“Tergantung pemakaian juga sih. Ada yang dua bulan sampai tiga bulan. Ada juga yang lebih lama dari itu,” kata seorang mekanik RI Matic Shop, Baim.

Menurutnya, ada beberapa indikator yang bisa digunakan untuk mengecek kondisi kampas rem. Pengecekan itu untuk menentukan apakah kondisi kampas sudah aus atau tidak.

“Kalau posisi kampres rem yang menjepit piringan masih lebar, tandanya kampas rem masih bagus. Tapi kalau posisi kampas sudah menghimpit piringan, berarti rem sudah aus,” ia menambahkan.

Pengecekan bisa dilakukan lewat pandangan mata. Selain itu, pengecekan kondisi rem juga bisa dirasakan dari suara yang keluar dari area cakram saat tuas rem ditekan.

“Karena kampas rem sudah tipis, pasti akan timbul suara dari cakram yang beradu dengan kampas yang tinggal menyisakan pelatnya,” tuturnya.

Jika memang sudah aus, satu-satunya solusi adalah menggantinya dengan kampas baru. Itu karena kampas rem yang aus akan membahayakan si pengendara jika masih tetap digunakan.