Kenali 6 Tanda Filter Udara Motor Bermasalah

Kenali 6 Tanda Filter Udara Motor Bermasalah

24th March 2020 0 By otomotiv

Filter udara atau saringan udara berfungsi untuk membersihkan atau menyaring udara yang telah bercampur dengan debu, sebelum masuk ke dalam karburator. Filter udara merupakan komponen yang mempunyai umur pemakaian atau penggantian secara periodik, jadi filter udara mempunyai jangka waktu pemakaian.

Tapi sebagian pengendara motor kurang memperhatikan hal ini, sehingga akan mempengaruhi performa dari motor tersebut. Untungnya, gejala filter udara bermasalah mudah diidentifikasi jika mau belajar. Berikut adalah ciri filter udara motor perlu perawatan agar motor Anda tetap prima saat digunakan.

1.      Filter udara kotor dan berdebu

Salah satu gejala paling mudah mengenali masalah filter udara adalah tampilannya yang kotor. Filter udara yang baru pasti bersih dari semua kotoran. Seiring waktu, kontaminan udara akan menempel pada filter dan membuatnya berwarna coklat atau hitam.

Sebuah pemeriksaan visual bisa menjadi penegas kondisi filter yang buruk. Selalu periksa filter di bawah cahaya terang. Jika muncul kontaminan seperti debu dan pasir, maka saatnya filter harus dibersihka.

2.      Bagian kertas pada filter udara sobek

Robeknya kertas pada filter udara biasanya terjadi jika filter tersebut telah sangat lama dipakai. Penyebab lainnya bisa karena disengaja untuk dirobek atau dibolong, tapi hal ini tidak menjadikan motor tersebut tambah kencang malahan tambah boros bahan bakar.

3.      Boros bahan bakar

Konsumsi bensin motor lebih banyak dari biasanya adalah tanda ada sesuatu yang salah. Filter udara berkontribusi pada efisiensi bahan bakar, filter kotor bisa menghambat aliran oksigen. Agar tetap berjalan, mesin harus membakar lebih banyak bensin untuk mengatasi kurangnya oksigen yang masuk.

4.      Motor susah dihidupkan

Jika motor Anda susah dihidupkan, bisa jadi karena rasio udara lebih rendah dibandingkan bensin. Saat rasio bensin terlalu banyak, hal ini akan menyebabkan mesin kebanjiran dan busi tak berfungsi, sehingga mesin bermasalah saat dinyalakan. Jika Andamengalami hal ini, maka filter udara adalah tempat pertama yang harus diperiksa.

5.      Suara mesin berisik

Saat motor dinyalakan dan muncul getaran atau suara nyaring dari mesin, mungkin hal ini dipicu oleh kondisi filter udara yang buruk. Penyebab utama masalah ini adalah busi yang kotor dipicu oleh terhambatnya aliran udara. Jika memang filter harus diganti, sebaiknya periksa juga kondisi busi. Mengganti dua suku cadang ini akan membuat suara mesin lebih halus.

6.      Muncul asap hitam dari knalpot

Saat oksigen sulit mencapai mesin, bensin tidak akan dibakar dengan rasio yang cocok. Hal ini bisa memicu bensin rembes dan keluar lewat knalpot. Anda mungkin juga akan mendengar suara ledakan karena bensin terbakar lewat panas knalpot dan muncul asap hitam.