Kenali 6 Tanda Kampas Kopling Mulai Habis

Kenali 6 Tanda Kampas Kopling Mulai Habis

19th February 2020 0 By otomotiv

Peran kopling pada mobil manual sangatlah penting. Tanpa kopling, bisa dipastikan anda akan mengalami kesulitan saat mengemudi, terutama saat akan mengoper gigi transmisi guna mengubah laju kecepatan atau ketika anda harus menghentikan laju mobil.

Perlu untuk Anda pahami bahwa kesalahan dalam penggunaannya dapat menyebabkan kampas kopling gosong. Jika tetap ingin selamat dalam berkendara, anda mau tak mau harus menggantinya dengan yang baru. Agar tidak terlambat untuk mengganti, tanda kampas kopling habis.

1.      Akselerasi mesin menjadi lemah

Tenaga mesin akan turun jika kampas habis. Ketika tenaga turun, akselerasi mesin pun menjadi lemah. Untuk memaksimalkan kecepatan kembali, membutuhkan waktu yang lama sebab kampas telah aus. Jika kampas masih bagus, akselerasi akan cepat terjadi sehingga penggunaan bahan bakar dapat diminimalkan.

2.      Mobil sulit untuk menanjak

Kondisi ini bisa terjadi bahkan untuk tanjakan yang tidak terlalu curam sekalipun, tenaga mesin terasa loyo meskipun pedal gas sudah ditekan penuh hingga suara mesin terdengar meraung-raung.

Kondisi ini diakibatkan oleh tenaga mesin yang tidak tersalurkan dengan sempurna akibat kampas kopling sudah habis, akibatnya membuat mobil menjadi lebih sulit untuk melewati jalan menanjak.

3.      Oper gigi terasa keras

Ketika oper gigi sudah tidak lagi bisa dilakukan, akan sangat membahayakan jika mobil terus dikendarai. Sebab, dalam waktu singkat, komponen lain akan ikut rusak karena terjadinya pemaksaan kerja terhadap mesin. Bisa jadi oper gigi yang sulit ini diakibatkan oleh kampas kopling yang telah habis. Cek segera dengan teliti agar tidak terlambat mengetahui.

4.      Putaran mesin tinggi

Putaran mesin yang tinggi patut Anda waspadai karena termasuk indikasi kampas kopling mobil yang habis. Perlu dipahami bahwa akselerasi lemah dan permukaan kampas yang licin menjadi penyebab hal tersebut.

Putaran mesin yang tidak semestinya juga bisa membuat suhu mesin mobil menjadi tinggi. Anda pastinya tak akan merasa nyaman dan tenang saat mengendarai mobil yang kondisinya seperti ini.

5.      Selip kopling

Kampas kopling yang habis juga bisa ditandai dengan selip kopling. Wajar saja karena kampas kopling mobil anda sudah tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Selip kopling ini tentu saja sangat mengganggu saat berkendara. Bahkan anda bisa kaget ketika baru pertama kali mengalaminya.

6.      Pedal kopling jadi lebih tinggi

Awalnya pedal kopling akan menjadi keras ketika kampas habis. Lalu lama kelamaan ketika Anda menekan kopling, semakin lama untuk dilepaskan. Kemudian kopling menjadi tinggi yang berakibat akselerasi mesin mobil melambat. Ini bisa menjadi ciri kampas habis. Anda perlu segera menghentikan laju kendaraan sebelum komponen lain ikut rusak.