Lakukan 4 Tips Ini Agar Terhindar Bau Pada Sarung Tangan Motor

Lakukan 4 Tips Ini Agar Terhindar Bau Pada Sarung Tangan Motor

11th February 2020 0 By otomotiv

Sarung tangan merupakan salah satu kelengkapan para pengendara sepeda motor. Kondisinya pun harus dijaga agar tetap bersih dan nyaman digunakan. Khusus untuk sarung tangan berbahan kulit, jangan sembarangan membersihkannya. Diperlukan perhatian khusus agar tidak merusak kulitnya dan tak membuatnya jadi bau ketika digunakan lagi.

Pemilihan sarung tangan motor berbahan kulit cukup banyak dipilih oleh para pengendara. Bahannya yang ringan dan kuat, serta modelnya yang mengesankan sporty sehingga banyak dipilih. Namun, bagaimana cara untuk merawatnya agar tetap bagus dan awet?

1.      Jangan dicuci menggunakan detergen

Jika sarung tangan kulit anda berbau tidak sedap, jangan pernah dicuci menggunakan detergen. Hal ini akan membuat kulit mudah terkelupas.

Hindari pula untuk terlalu sering dicuci. Jika memang ingin dibersihkan, Jemurlah tanpa bersinggungan langsung dengan terik matahari lalu lumuri dengan body lotion ataupun pewangi dan pelembab sejenisnya.

2.      Cuci dengan menggunakan air

Cucilah sarung tangan kulit anda hanya dengan menggunakan air bersih. Cukup rendam dengan menggunakan air bersih bersuhu ruang selama kurang lebih 5 menit an agar semua kotoran terangkat. Selanjutnya kucek secara perlahan dan di peras tanpa dipelintir sampai air bekas cucian rontok.

Untukmembuat sarung tangan kulit ini menjadi wangi Anda bisa menggunakan pewangi pakaian. Agar harumnya bisa bertahan lama kalian bisa merendamnya cukup selama 2 sampai 5 menit an saja, baru kemudian dibilas dengan air bersih kembali dan diperas.

3.      Jangan dikeringkan langsung di bawah matahari

Semua barang yang terbuat dari bahan kulit sebaiknya setelah dicuci dan hendak dikeringkan, usahakan jangan dijemur di bawah terik matahari sebab bisa membuat sarung tangan berbahan kulit menjadi mengeras layaknya kerupuk. Untuk proses pengeringannya cukup di jemur di lokasi yang teduh dan terhindar dari matahari langsung alias cukup di angin anginkan saja.

4.      Lakukan perawatan tambahan

Meskipun sarung tangan berbahan kulit ini tetap mengkerut setelah dijemur, namun tingkat kekerasannya jauh lebih lunak ketimbang jika Anda keringkan dibawah sinar matahari langsung. Untuk perawatan lanjutan setelah Anda mencuci sarung tangan berbahan kulit, selanjutnya Anda bisa merenggangkan permukaan kulit dengan cara sedikit meremas remasnya. Bila perlu Anda bisa mengoleskan krim pelembab khusus untuk kulit yang bisa kalian peroleh di toko aksesoris kulit. Perhatikan pula jahitan jahitan dari sarung tangan kulit Anda, jika terdapat kerusakan atau robek jahitannya segera perbaiki di tukang jahit.