Motor Matik Anda Suka Gredek? Ini 3 Penyebabnya

Motor Matik Anda Suka Gredek? Ini 3 Penyebabnya

15th April 2020 0 By otomotiv

Bagi pemilik motor matik, pasti pernah mengalami motornya bunyi gredek atau getaran kasar bahkan menyentak, seperti bunyi kopling di mesin motor yang tidak pas. Biasanya, bunyi tersebut terdengar saat pengendara menekan gas dari posisi pelan dan kencang.

Getaran ini biasanya timbul dari area CVT saat motor dipacu dalam kecepatan rendah hingga menengah. CVT yang bergetar tentu bikin tidak nyaman pengendaranya, karena getaran bisa merambat ke setang kemudi.

Ada tiga hal yang menyebabkan CVT motor matik gredek saat mau jalan. Tiga hal tersebut diantaranya kotoran, karet damper dan kebocoran seal pulley.

1.      Kotoran

Ada beberapa hal yang menyebabkan kotoran pada CVT motor matik. Bisa berasal dari kampas gandanya atau dari eksternal seperti lingkungan sekitar.

Kalau jalanan atau lalu lintas yang sering dilewatinya banyak debu, hal tersebut dapat cepat membuat bagian dalam CVT-nya kotor. Kotoran itu mempengaruhi kinerja kampas dan mangkok ganda di motor matik.

Karena adanya kotoran membuat kampas ganda kesulitan mendapatkan grip, sehingga gejala gredek terasa sekali.

2.      Damper kampas ganda

Karet damper kampas ganda atau clutch damper rubber ternyata bisa menyebabkan motor matik gredek. Karet atau damper Fungsinya untuk menahan kampas ganda, kalau sudah getas bisa menyebabkan kampas ganda jadi goyang.

Karena kampas ganda goyang, tapak kampas juga tidak bisa menyentuh dengan rumah atau mangkuk koplingnya, makanya timbul suara gredek.

Namun biasanya damper kampas ganda itu sudah dapat ketika pembelian kampas ganda baru. Sehingga Anda enggak usah beli lagi damper atau karet kampas gandanya.

3.      Seal pulley belakang

Penyebab ketiga adalah grease atau gemuk pada pulley bocor, sudah mengeras atau sudah menipis. Dengan keadaan seperti itu, maka kampas ganda akan mudah bergoyang. Penyebab keempat adalah terjadi kerusahan pada roller weight atau roller CVT serta fan belt yang sudah mulai aus.

Solusinya dengan mengganti seal pulley belakang dengan yang baru. Tapi jangan lupa untuk membersihkan kampas dan rumah kampas gandanya terlebih dahulu. Membersihkannya cukup dengan menggunakan sabun detergen, pastikan seluruh grease atau gemuknya hilang.