Musim Hujan Telah Tiba, Simak 5 Tips Memilih Jas Hujan yang Aman

Musim Hujan Telah Tiba, Simak 5 Tips Memilih Jas Hujan yang Aman

15th January 2020 0 By otomotiv

Memasuki musim hujan, bagi para pengendara roda dua, sudah saatnya menyiapkan jas hujan di motor Anda. Jas ini sangat membantu agar tubuh bisa tetap kering di tengah guyuran hujan.

Memilih jas hujan bukan perkara gampang. Tak hanya memperhatikan faktor kenyamanan, tapi juga faktor keselamatannya. Nah, untuk mempersiapkan agar Anda lebih nyaman dan aman saat berkendara di musim hujan, berikut tips memilih jas hujan yang aman digunakan saat musim hujan.

1.       Hindari model ponco

Model ini sangat banyak digunakan oleh pengendara selain karena harganya yang murah, jas hujan model ini juga lebih praktis digunakan. Sangat tidak disarankan untuk memakai model ini karena bagian belakangnya akan menjuntai dan mengganggu pengendara lainnya.

Selain itu, model ini juga bisa melukai diri sendiri jika pengendara tak sadar bahwa jas hujan yang digunakan masuk ke jeruji roda atau bahkan tersangkut ke setang motor lain dari arah yang berlawanan.

2.       Pilih warna terang

Saat hujan, pengelihatan Anda akan berkurang. Hal itu juga terjadi pada pengguna jalan di belakang atau dari arah berlawanan dengan Anda. Itu sebabnya, saat hendak memilih jas hujan, disarankan untuk mencari produk dengan warna cerah.

3.       Perhatikan ‘mata kucing’

Tak hanya memilih jas hujan dengan warna yang terang, nyatanya, Anda juga wajib memperhatikan fitur yang ada pada jas tersebut, salah satunya adalah mata kucing.

Biasanya, mata kucing ini terdapat di beberapa bagian jas, mulai dari lengan, dada, atau punggung. Tujuannya, agar pengendara lain bisa tetap melihat Anda meski berkendara di malam hari. Sebab, mata kucing ini bertujuan untuk memantulkan cahaya.

4.       Perhatikan bahan

Tujuan menggunakan jas hujan agar pakaian yang Anda kenakan tetap kering di bawah guyuran hujan. Anda disarankan untuk membeli jhas hujan yang dibuat dari bahan PVC (polyvinyl chloride). Sebab model ini lebih kedap air dibandingkan dengan jas hujan yang terbuat dari bahan plastik atau parasut. Namun kekurangannya, jas hujan berbahan PVC lebih berat dan lebih mahal dari yang berbahan plastik atau parasut.

5.       Hindari model jahit

Sebisa mungkin, jangan pilih yang sambungan tiap bagiannya dijahit. Sebab, hal tersebut akan membuat air hujan merembes dan membasahi pakaian Anda. Sebaiknya, pilih jas hujan yang proses pembuatannya di-’press’ untuk menghindari hal tersebut.