Tips Memilih Karpet Mobil yang Tak Menguras Kantong

Tips Memilih Karpet Mobil yang Tak Menguras Kantong

25th December 2019 0 By otomotiv

Bagi sebagian orang, karpet mobil dianggap sebagai salah satu komponen penting di dalam mobil. Fungsinya ada berbagai macam. Selain untuk mempercantik interior, juga berfungsi untuk menghalau kotoran.

Meski mudah kotor, hal itu bukan masalah karena karpet mobil sangat mudah untuk dicuci. Anda hanya harus melepasnya, lalu mencuci dan mengeringkannya sebelum digunakan kembali.

Namun, Anda juga harus mengetahui beberapa hal sebelum membeli karpet ini. Ingat, pemilihan tak harus selalu yang mahal. Ada beberapa cara memilih karpet yang tak memaksa Anda untuk menguras kantong lebih dalam.

Bahan

Ada banyak macam bahan karpet mobil. Ada yang yang berbahan karet, PVC, hingga bulu sintesis. Masing-masing dari bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Yang harus Anda pahami, pastikan karpet mobil memiliki ketebalan dan tekstur yang tepat. Karpet yang tidak terlampau tebal serta lentur umumnya memiliki kualitas lebih baik serta lebih awet.

Sedangkan karpet bulu sintesis dinilai lebih baik karena bisa menyerap debu dan air. Ketebalannya juga bisa dipilih sesuai selera. Tipe bahan jenis ini beragam, mulai dari comfort premiun, floor mats comfort, adventure series, hingga floor mats carwel classic.

Warna

Pemilihan warna sangat bergantung pada selera masing-masing. Tapi, alangkah baiknya memilih karpet mobil dengan warna-warna gelap seperti hitam, krem atau abu-abu. Tujuannya adalah agar karpet mobil tidak terlihat cepat kotor.

Namun, tak sedikit pula orang yang memilih warna-warna cerah. Biasanya orang tersebut ingin menyesuaikannya dengan interior mobil.

Bau

Bau bisa menjadi masalah besar jika hal tersebut ada di dalam mobil Anda. Apalagi untuk karpet mobil yang selalu diinjak-injak sepatu atau sandal yang kita pakai. Sebagian bahan karpet memiliki bau khas sehingga dianggap kurang pas untuk diletakkan dalam mobil.

Ukuran

Karpet juga bisa dipesan secara khusus untuk menyesuaikan interior mobil. Pelayanan ini tersedia di tukang jual jok mobil. Selain ukuran, mereka juga kerap menyediakan berbagai pilihan motif.

Motif

Tak hanya warna gelap atau terang, terkadang karpet mobil juga menyediakan pilihan banyak motif. Bisa saja dengan motif karakter-karakter favorit dari pemilik mobil itu sendiri.