Tips Merawat Motor Antik Tanpa Perlu Biaya Besar

Tips Merawat Motor Antik Tanpa Perlu Biaya Besar

22nd November 2019 0 By otomotiv

Tak bisa dipungkiri, perawatan yang dilakukan untuk motor antik jauh lebih sulit ketimbang merawat motor keluaran terbaru. Untuk motor antik, perawatan yang dilakukan tak bisa secara sembarangan.

Nah, jika mengetahui cara yang tepat terkait perawatan, usia pakai motor antik bisa jauh lebih lama. Namun, sekali lagi, perlu tindakan khusus dan tindakan secara rutin untuk merawat motor antik.

Tindakan khusus dalam merawat motor antik tak serta merta harus mengeluarkan biaya besar. Berikut adalah beberapa tips merawat motor antik dengan biaya yang murah:

1. Rutin Servis dan Ganti Pelumas

Servis dan ganti oli untuk motor antik harus dilakukan secara telaten. Penggantian oli biasanya dihitung per bulan. Itu karena motor antik biasanya tak memakai speedometer yang bisa dijadikan patokan untuk waktu penggantian oli berdasarkan jarak tempuh.

2. Menjaga Spare Part Asli

Mempertahankan spare part motor antik adalah pilihan yang tepat. Meski akan sulit untuk melakukan perawatan, usia spare part asli biasanya jauh lebih panjang ketimbang spare part KW. Artinya, ini akan ikut meminimalisir risiko terlalu sering mengeluarkan biaya.

3. Memperhatikan Komponen yang Rawan Rusak

Seyogyanya motor tua, tentu ada beberapa bagian yang tak lagi bisa bekerja secara maksimal. Biasanya hal ini terjadi pada bagian kelistrikan, rantai, dan bodi. Untuk hal ini harus dilakukan pemeriksaan setidaknya seminggu sekali.

4. Menggunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Pemilihan bahan bakar juga menjadi hal yang sangat penting. Anda harus memilih bahan bakar yang cocok untuk mendukung kinerja mesin. Motor antik yang menggunakan bahan bakar dengan RON tinggi akan membuat mesin lebih terjaga.

5. Jauhi dari Karat

Motor antik jauh lebih rentan terhadap karat ketimbang motor keluaran baru. Solusinya, harus lebih rajin membersihkan motor, apalagi setelah melewati tempat yang banyak lumpur dan air, termasuk setelah kehujanan.