Tips Merawat Motor Saat Work Form Home

Tips Merawat Motor Saat Work Form Home

1st April 2020 0 By otomotiv

Bagi yang sedang menerapkan anjuran work from home (WFH) selain menyelesaikan pekerjaan kantor di rumah, Anda juga mengerjakan sesuatu di sela waktu. Melakukan perawatan ringan terhadap kendaraan kesayangan, seperti motor.

Otomatis, motor pun jadi jarang digunakan. Jika hal ini yang terjadi, maka pengendara harus tetap memperhatikan kondisi motor agar performa terbaik sepeda motor tetap terjaga.

Perawatan pun tidak perlu ke bengkel. Terdapat 4 langkah sederhana merawat motor yang bisa dilakukan sendiri.

1.      Bersihkan bodi, mesin hingga bawah jok

Hal pertama ialah melakukan pencucian menyeluruh pada sepeda motor. Bersihkan bagian bodi, mesin hingga bawah jok.

Selain lebih bersih, Anda juga bisa mengetahui beragam kemungkinan kerusakan seperti lecet pada bodi ataupun terdapat rembesan pada bagian mesin.

2.      Cek kondisi oli motor

Tak lupa periksa kondisi oli motor dengan membuka deepstick pada mesin. Perhatikan dengan baik keenceran oli, apakah peluma yang terdapat pada mesin masih layak digunakan.

3.      Cek kondisi rantai

Cek kondisi rantai apabila motor yang dimilik bertipe sport dan bebek. Khusus skuter matik, pemilik bisa menyalakan motor dan mendengarkan dengan baik suara mesin dan CVT.

Jangan lupa untuk memberikan pelumas pada bagian-bagian yang cenderung atau berpotensi menimbulkan karat, misalnya pada rantai roda.

4.      Panaskan motor

Meski motor tidak digunakan, lebih baik dinyalakan setiap hari hanya 3 sampai 4 menit. Kira-kira sampai suku kerja mesin antara 80-100 derajat celcius, dilakukan setiap hari akan lebih baik.

Tujuan pemanasan mesin supaya sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai. Disarankan tidak dilakukan di ruang tertutup.

5.      Cek bagian dalam cover plastik motor matic

Khusus tipe motor matik, perhatikan bagian bagian dalam cover plastik motor, terutama bagian bawah. Dikhawatirkan jika sepeda motor lama tidak digunakan, ruang atau rongga ini bisa menjadi tempat singgah binatang seperti tikus.