3 Tips Membersihkan Filter Motor Sesuai Jenisnya

3 Tips Membersihkan Filter Motor Sesuai Jenisnya

28th February 2020 0 By otomotiv

Perlu diketahui bahwa salah satu hal yang wajib dipahami bagi setiap pemilik sepeda motor yakni harus mengetahui cara membersihkan filter udara motor. Pasalnya, spare part motor ini merupakan komponen dalam mesin pacu yang harus dijaga dan dirawat dengan baik mengingat perannya yang sangat penting dalam menunjang performa dari mesin itu sendiri.

Karena itulah, filter udara juga perlu dirawat secara rutin. Jika sampai terbengkalai, filter udara yang kotor bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros, mesin terasa brebet, dan bahkan mogok di tengah jalan.

Jangan sepelekan saringan udara pada sepeda motor. Lalai dari perawatan bisa mengganggu performa. Padahal, untuk membersihkannya tak harus dibawa ke bengkel, dapat dikerjakan sendiri. Berikut tips membersihkan filter udara menurut jenisnya.

1.      Filter udara dari busa

Meski sudah lama, tak sedikit pabrikan mengaplikasi model ini lantaran mudah perawatannya. Untuk membersihkannya cukup pakai bensin dengan cara direndam atau disiram, setelah itu diperas. Lakukan dua sampai tiga kali perasan. Perlu diingat busa filter jangan dipelintir. Selain busa cepat rusak, bentuknya berubah dan melar. Untuk mengeringkannya, cukup diremas dengan halus. Setelah dibersihkan, lumuri dengan oli. Caranya cukup tipis dilapisi pada permukaan busa.

2.      Filter udara dari kertas kering

Filter jebis ini biasanya disebut dry element. Bahannya tebal, tidak cepat rusak saat menyedot udara, meski udaranya terkadang bercampur cairan. Proses membersihkan filter ini justru lebih gampang daripada filter berbahan busa.

Untuk menghilangkan kotoran, cukup disemprot pakai angin kompresor, tanpa harus direndam bensin, apalagi dengan oli. Harganya, jelas lebih mahal dari model busa.

3.      Filter udara dari kertas basah

Model terbaru disebut wet element. Bahannya hampir mirip dengan kertas kering. Bedanya, kertas basah ini memiliki pelumas khusus berfungsi menyetop kotoranagar  tidak masuk ke ruang bakar. Saringan tipe ini, juga minim perawatan.