3 Tips Merawat Mobil Matic Agar Tampil Prima

3 Tips Merawat Mobil Matic Agar Tampil Prima

21st April 2020 0 By otomotiv

Berkat kelebihannya dibandingkan mobil manual, mobil matic memang menjadi pilihan bagi orang yang memiliki tingkat rutinitas tinggi. Pengendara mobil matic tidak perlu lagi pusing memindahkan tuas transmisi seperti mobil manual. Terlebih lagi saat ini sudah banyak mobil jenis hatchback dengan harga terjangkau untuk menunjang pengendara dengan tingkat mobilitas tinggi.

Dibalik banyak kelebihan yang ditawarkan, perawatan mobil matic sangat rentan akan kerusakan terutama di bagian transmisi. Biasanya biaya perbaikan untuk mobil matic lebih mahal jika dibandingkan dengan perawatan mesin mobil manual.

Selain menganti oli mesin secara berkala, ada beberapa item butuh perhatian ekstra agar usia pakai mobil lebih lama dan menjadikan mobil matik menjadi lebih terjamin, sehingga performa mumpuni saat di jalan. Berikut beberapa item yang perlu dalam merawat mobil matics ecara berkala.

1.      Minyak rem

Hal yang perlu diperhatikan saat merawat mobil matic ialah minyak rem. Cairan tersebut mampu menyerap kelembapan.  Umumnya, minyak rem pada mobil mampu bertahan hingga sekitar tiga tahun.

Namun, masih banyak pengendara yang tidak memperhatikan minyak rem dan menggantinya. Padahal, minyak rem merupakan salah satu bagian dari sistem tertutup mobil dan tidak seharusnya habis.

2.      Oli gardan

Sesuai dengan namanya, oli satu ini terletak di bagian gardan atau bagian bawah mobil. Biasanya, penggantian oli gardan dilakukan bersamaan dengan oli transmisi, yakni setelah 10.000-20.000 km atau 2-3 kali penggantian oli mesin.

Hal penting yang harus Anda perhatikan saat mengganti oli gardan adalah kekentalannya. Oleh sebab itu, Anda wajib menyesuaikan oli gardan dengan yang dianjurkan oleh pihak produsen mobil Anda.

3.      Oli transmisi

Selain oli mesin, ada lagi oli yang penting untuk merawat mobil matic yaitu oli transmisi. Ingat oli transmisi tidak sama dengan oli mesin. Apabila oli mesin memiliki fungsi utama untuk mengurangi gesekan antar komponen dalam mesin, maka oli transmisi merupakan pelumas yang digunakan pada sistem transmisi.

Fungsinya adalah mempermudah pergantian transmisi mobil dan merawat komponen transmisi agar tidak mudah aus, baik untuk mobil manual maupun matic. Jadi setir lebih halus.

Umumnya, oli transmisi manual bisa bertahan hingga 10.000 km, sedangkan pada mobil matic bisa bertahan hingga 20.000 km.