4 Tips Memilih Cover Mobil yang Bagus

4 Tips Memilih Cover Mobil yang Bagus

23rd March 2020 0 By otomotiv

Saat memutuskan akan membeli mobil, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan untuk membeli cover mobil yang bagus. Tujuannya agar mobil Anda bisa terhindar dari debu atau air hujan saat mobil ditinggal lama di tempat tertentu atau diparkir di tempat yang tidak beratap.

Meski terkesan sepele, nyatanya sebelum memilih cover mobil ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, mulai dari ukuran hingga kesesuaian bahan. Buat Anda yang sedang mencari pelindung mobil, berikut tips memilih cover mobil terbaik agar tidak merusak bodi.

1.       Mengetahui komposisi bahan

Bagi Anda yang ingin memiliki cover yang bagus bagi mobil, Anda harus memilih bahan yang berkualitas. Untuk itu Anda perlu mengetahui komposisinya terlebih dahulu. Komposisinya sendiri ada beberapa macam.

Pertama adalah komposisi luar yang berguna untuk melindungi dari air hujan dan sinar matahari secara langsung. Berikutnya ada komposisi lapisan kedua di mana memiliki rongga sehingga terdapat sirkulasi udara. Dengan adanya lapisan kedua ini akan menghindarkan dari penguapan udara yang menyebabkan terjadinya embun.

Selanjutnya untuk komposisi ke tiga berguna sebagai penguatan lapisan terbawah sehingga tidak mudah merusak bodi mobil. Untuk lapisan yang ke empat atau komposisi lapisan paling dasar merupakan bahan yang lembut. Hal ini karena tidak mudah terjadi gesekan yang dapat merusak mobil.

2.       Sesuaikan ukuran cover dengan mobil

Saat ini di pasaran tersedia berbagai bahan dan ukuran penutup mobil, sehingga konsumen tinggal menyesuaikan dengan mobil yang dimiliki. Pilihlah penutup mobil yang besarnya sesuai dengan ukuran mobil, jangan terlalu besar ataupun malah terlalu kecil. Jika ukuran sarung terlalu kecil akan ada bagian sisi bodi bagian bawah yang tidak tertutupi, sehingga bisa terkena cipratan air hujan atau debu.

3.       Memilih bahan

Pemilihan bahan ini sangat perlu untuk diperhatikan. Pastikan untuk memilih bahan yang tidak tembus air serta tidak menimbulkan gesekan yang mengakibatkan bodi mobil menjadi rusak. Bagi Anda yang ingin memiliki body cover mobil untuk indoor, pilihlah bahan yang berongga, sedangkan untuk outdoor Anda bisa memilih bahan yang memiliki coating anti-air namun tidak mudah merusak bodi mobil.

Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk pelindung mobil di dalam ruangan adalah bahan fabric. Hal ini karena bahannya yang berongga sehingga dapat memberikan sirkulasi udara bagi mobil Anda.

4.       Pilih warna yang netral

Perlu diingat juga, berhati-hatilah cover mobil yang warna-warni. Pilih yang berkualitas dan sebaiknya lakukan tes luntur-tidaknya warna pada cover mobil yang dibeli. Ada beberapa cover mobil yang warnanya luntur saat terkena air hujan. Akibatnya, warna yang luntur melekat pada permukaan bahkan merusak cat mobil.