5 Merawat Rantai Motor Agar Tahan Lama

5 Merawat Rantai Motor Agar Tahan Lama

31st March 2020 0 By otomotiv

Rantai motor berfungsi mentransfer daya dari sistem transmisi ke roda belakang motor. Oleh karena itu kondisinya wajib diperhatikan selalu agar memberikan kenyamanan saat berkendara.

Merawat dan menjaga kebersihan rantai janganlah dianggap sepele. Bagian motor yang sangat penting ini terkadang dapat menjadi kendur dan rusak karena berbagai faktor.

Jika dibiarkan berlarut-larut, bukan hanya rantai Anda saja yang rusak, tapi juga keseluruhan motor itu sendiri. Agar berkendara Anda selalu aman dan lancar, simak tips perawatan rantai motor berikut.

1.      Rutin bersihkan rantai motor

Kondisi cuaca yang tidak jelas, panas atau hujan, ditambah tanah dan kotoran tentunya membuatnya gampang kotor. Pasti rantai pada motor Anda menjadi kotor dan berdebu. Jika sudah demikian, segera bersihkan dengan pembersih (claner) kemudian sikat dengan sikat khusus rantai dan bersihkan dengan kain lap. Selain terlihat bersih, rantai motormu jadi awet.

2.      Gunakan pelumas rantai

Pastikan Anda rutin menggunakan pelumas pada rantai motor. Pelumas ini berfungsi untuk melumasi rantai pada motor sampai ke celah mata rantai. Selain itu, pelumas juga membantu membersihkan rantai.

3.      Setel rantai secara teratur

Penyetelan bukan sekadar mengencangkan atau mengendurkan rantai, tetapi juga mengatur pengunci pin sambungan serta membersihkan kotoran atau debu yang menempel. Sangat disarankan untuk melakukan penyetelan rantai ini setiap motor telah berjalan 1.000 kilometer.Tingkat ketegangan rantai sebaiknya di posisi 5 – 25 milimeter. Untuk mengetahui ukuran itu ada di mal atau garis standar yang ada di penarik rantai di ujung bawah shockbreaker roda belakang.

4.      Jangan gunakan oli bekas

Jangan menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor. Kenapa? Memakai oli bekas justru akan mengundang kotoran-kotoran yang akan menempel di rantai dan membuat rantai menjadi tidak awet. Lebih baik Anda sedikit merogoh kocek lebih banyak untuk membeli chain lube daripada repot harus mengganti rantai yang rusak.

5.      Gunakan rantai dan gear yang asli

Daripada Anda memakai gear dan rantai yang palsu, lebih baik Anda menggunakan yang asli dan orisinil dari pabriknya. Meskipun ramah di kantong, Anda malah akan direpotkan kalau menggunakan rantai dan gear palsu yang mudah rusak. Untuk itu, Anda harus segera mengganti rantai dan gear motor Anda dengan yang sudah terjamin kualitasnya.