5 Spare Part Mobil yang Harus Sering-Sering Diganti

5 Spare Part Mobil yang Harus Sering-Sering Diganti

5th December 2019 0 By otomotiv

Semua produsen mobil pasti selalu membari anjuran kepada konsumen untuk rutin memeriksa spare part mobil. Karena jika ada spart mobil yang rusak dan dibiarkan maka kerusakan itu bisa meremebet dan akan membutuhkan banyak biaya.

Untuk menjaga performa mobil agar tetap prima salah satunya dengan perawatan rutin. Perawatan meliputi pengecekan berkala spare part mobil.

Dalam komponen mobil ada spare part yang harus diganti sesering mungkin. Hal ini yang kerap dilewatkan oleh pemilik mobil.

Berikut 5 spare part mobil yang harus sering-sering diganti.

1. Oli
Dilansir dair kompasOtomotif, oli menjadi komponen mobil yang harus sering diganti. Jenis-jenis oli juga cukup banyak. Masing-masing bahkan memiliki patokan jarak kapan harus diganti.

Oli mesin misalnya, wajib diganti setiap 10.000 km. Filter oli per 10.000 km. Oli gardan setiap 40.000 km. Oli perseneling per 40.000 km dan untuk matic per 80.000 km.  

2. Busi
Busi merupakan komponen penting dalam kendaraan, karena punya peran vital untuk memicu terjadinya proses pembakaran di ruang mesin, sehingga piston bisa bekerja. Seperti suku cadang lainnya, busi memiliki usia masa pakai. Produsen mobil menyarankan agar mengganti busi mobil per 20.000-40.000 km. Khusus bagi busi iridium bisa dilakukan per 30.000 km.

3. Saringan Udara
Menunda-nunda mengganti filter bisa berakibat buruk pada mesin. Saringan udara yang sudah jenuh karena sudah dipenuhi debu dapat mengurangi asupan udara ke mesin, sehingga mesin jadi berat karena kompresi yang kecil dan pembakaran tak sempurna. Saringan udara sebaiknya diganti setiap 40.000-80.000 km.

4. Minyak rem
Perlu diingat bahwa minyak rem itumemiliki peran yang sangat vital pada rem mobil yang umumnya menerapkan sistem hidrolik. Jadi setiap kali ada permasalahan terkait rem hidrolik ini, jangan anggap remeh dan segera cari tahu penyebabnya. Minyak rem umumnya harus diganti setiap 40.000 km.

5. Air Radiator
Air radiator mobil harus Anda cek setidaknya setiap 30 ribu sampai 50 ribu kilometer.