5 Tanda Wiper Mobil Sudah Harus Diganti

5 Tanda Wiper Mobil Sudah Harus Diganti

5th February 2020 0 By otomotiv

Musim hujan sudah tiba. Oleh karena itu, sebaiknya periksa wiper mobil Anda. Pasalnya, jika wiper rusak, jarak pandang Anda akan terganggu ketika hujan turun. Selain itu, wiper yang sudah tidak bagus juga berpotensi membuat kaca depan mobil jadi baret.

Supaya jarak pandang tetap maksimal, pada mobil dilengkapi dengan teknologi wiper. Kerap kali, benda ini kurang menjadi perhatian karena memang baru teringat ketika turun hujan.

Wiper memiliki masa pakai, sehingga harus diganti secara berkala. Berikut ini merupakan tanda-tanda karet wiper sudah harus diganti.

1.      Timbul garis-garis air

Gunakan penyemprot otomatis pada mobil dan aktifkan wiper. Jika muncul banyak garis-garis air dan penglihatan cenderung buram karena cahaya yang melalui kaca menjadi bias, maka wiper mobil Anda harus diganti.

2.      Wiper bunyi berdencit

Bunyi decitan ketika wiper tengah aktif juga merupakan salah satu tanda wiper sudah aus. Wiper yang sudah rusak atau tidak layak pakai memiliki pinggiran yang tidak rata, karetnya cenderung keras dan pecah-pecah.

3.      Gerakan wiper melambat

Gerakan wiper mobil yang melambat biasanya terjadi karena adanya bagian dalam sistem penggerak wiper yang kotor. Hal tersebut akan berdampak pada arus listrik dan biasanya membuat engkol wiper terhambat.

Untuk mengatasinya, Anda bisa membersihkan penahan koil tersebut. Selain itu, kinerja wiper akan melambat biasanya ada satu komponen yang berkarat dan membuatnya tidak bekerja dengan maksimal. Anda bisa membersihkan karat dengan menyemprotkan cairan khusus antikarat.

4.      Wiper tidak bergerak sama sekali

Terkadang ada kejadian dimana wiper sama sekali tidak mau bergerak. Kemungkinan pertama yakni motor listrik yang sudah aus. Bila terjadi maka tidak ada pilihan lain kecuali menggantinya dengan yang baru.

Kedua, sekring bermasalah. Permasalahan pada sekring itu pun ada dua. Bila sekring putus berarti ada arus listrik yang berlebihan. Oleh karena itu, cermati rangkaian dan hubungan antarkabel yang terkait dengan sekring.

5.      Tetap melakukan perawatan

Meskipun wiper Anda masih baru, tetap lakukan perawatan supaya usianya lebih panjang. Bersihkan wiper dengan air bersih dan hindari menggosok dengan lap. Bisa jagu kamu menambahkan cairan khusus untuk memberi efek licin yang memudahkan kerja wiper.