5 Tips Memilih Audio Mobil  Suara Berkualitas

5 Tips Memilih Audio Mobil Suara Berkualitas

2nd March 2020 0 By otomotiv

Selain tampilan luar mobil yang diperhatikan, tampilan bagian dalam mobil juga perlu diperhatikan. Ada beberapa interior mobil yang bisa digunakan sebagai pelengkap suasana mobil. Salah satunya adalah audio mobil yang berkualitas.

Kualitas sound dari audio mobil tidak bisa dihadirkan begitu saja, perlu banyak hal yang perlu dipertimbangkan di antaranya mencakup kualitas sistem audio, kelengkapan audio yang dipakai, luas kabin mobil dan sebagainya. Memilih Audio mobil yang baik dan berkualitas mungkin membutuhkan sedikit pengetahuan agar tidak salah beli sehingga hasilnya jauh dari harapan.

Jika Anda menginginkan audio mobil yang berkualitas dan juga memiliki suara bagus, tentunya Anda perlu mengetahui beberapa tips memilih audio mobil untuk mendapatkan audio mobil yang terbaik. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1.      Pilih merk audio mobil yang terkenal

Apabila Anda ingin membeli audio mobil namun belum mengetahui secara detail bagaimana spesifikasinya, Anda bisa membeli audio mobil dengan merk yang sudah terkenal.

Tips ini bisa mengurangi keraguan anda saat memilih audio mobil. Biasanya Anda bimbang dalam memilih barang apalagi anda seorang pemula, untuk itu pilih merk yang sudah terkenal karena merk yang terkenal kemungkinan akan terjamin kualitasnya.

2.      Perhatikan fitur-fitur di dalam audio mobil

Pilihlah sistem audio mobil yang memiliki beragam pengaturan suara yang cukup lengkap. Setidaknya, sistem audia tersebut harus memiliki pengaturan kualitas suara, fungsi bass, trebel, balance, fade, automatic level control, dan masih banyak lainnya. Selain itu pastikan pula jika terdapat fasilitas pendukung seperti MP3, DVD, dan USB.

3.      Lakukan uji suara

Setelah menemukan audio yang diinginkan, selanjutnya Anda dapat  melakukan uji suara. Sehingga dapat diketahui langsung kualitas suara yang didapatkan dari audio yang Anda pilih. Salah satu ciri jika audio mobil tersebut berkualitas adalah hasil suara instrumen akan terdengar seolah-olah mendekati suara asli, kemudian suara penyanyi akan terdengar di bagian tengah, lalu yang terakhir bass harus terdengar di depan bukan di belakang.

4.      Melakukan instalasi audio mobil

Anda perlu memastikan kondisi kabel harus benar-benar disolder agar nantinya tidak terjadi kendala saat pemasangan.

Kemudian speaker harus dipasang menggunakan dudukan berbahan karet. Hal ini bertujuan untuk keamanan jika nantinya kaca spion diturunkan.

Setelah itu proses pelepasan head unit. Pelepasan head unit harus dilakukan dengan menggunakan karet plastik agar head unit tidak lecet.

Anda juga perlu mengetahui ukuran standar kabel yang memiliki satuan AW. Semakin rendah ukuran AWG maka akan semakin besar ukuran kabel yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk memasang sekring pengaman di sekitar kabel listrik.

5.      Optimalkan kerja audio mobil

Tidak ada salahnya untuk mengoptimalkan kerja audio mobil sehingga hasil suara menjadi lebih baik. Misalnya saja dengan menambahkan peredam tambahan di dinding pintu mobil sehingga dapat mengurangi suara asing dari luar. Untuk hasil yang lebih sempurna, anda bisa menambahkan fitur subwofer dan mengganti speaker dengan yang lebih berkualitas.