5 Tips Memilih Parfum Mobil Agar Nyaman Berkendara

5 Tips Memilih Parfum Mobil Agar Nyaman Berkendara

3rd March 2020 0 By otomotiv

Memiliki mobil dengan interior yang wangi atau harum tentunya akan menciptakan suasana nyaman pada setiap pengendara maupun penumpang. Tidak heran jika pengharum mobil menjadi salah satu pelengkap yang cukup penting bagi kendaraan.

Mobil yang harum tentunya akan memberikan kenyamanan lebih kepada pengendara dan penumpangnya. Bukan hanya berfungsi mengusir bau dan membuat wangi mobil, terkadang parfum mobil juga berpengaruh terhadap perasaan pengguna kendaraan.

Menggunakan parfum mobil tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih parfum mobil. Lihat juga bagaimana karakter pengemudi mobil untuk pilihan parfum yang tepat.

Berikut beberapa tips dalam memilih parfum mobil yang bisa memberikan kenyamanan kepada pengguna kendaraan.

1.      Pilih parfum dari bahan alami

Pada umumnya pengharum dari bahan ini memiliki efek terapi. Selain menyegarkan ruang, parfum jenis itu juga memberikan efek kesegaran pada pikiran.

Bila tak ingin repot membeli pengharum jenis tersebut, Anda bisa meraciknya sendiri. Caranya potong, jeruk nipis, kayu manis, serta teh. Jadikan satu dan gantung di sudut-sudut kabin mobil.

2.      Pengharum liquid bias jadi pilihan

Saat memilih tipe pengharum, Anda diperbolehkan untuk membeli tipe apa saja. Pengharum tipe liquid juga menjadi alternatif yang sangat bagus. Pengharum liquid biasanya dikemas dalam bentuk botol kecil berukuran 250 ml.

Pengharum ini sangat cocok digunakan sebelum Anda bepergian bersama keluarga. Semprotkan parfum liquid di seluruh bagian kabin, terutama bagian yang berbau apek. Setelah itu, angin-anginkan mobil selama kurang lebih 5 menit. Lalu, masuklah ke dalam mobil dan mulailah perjalanan yang menyenangkan.

3.      Pilih pengharum mobil yang tahan lama

Tidak semua pengharum mobil terbuat dari bahan berkualitas. Beberapa di antara pengharum tersebut bahkan ada yang baunya hanya bertahan dalam beberapa jam saja. Hal ini tentu tidak efisien, yang ada pengeluaran malah membengkak karena harus membeli pengharum lagi dan lagi. Oleh karena itu, pilihlah tipe pengharum yang wanginya longlasting atau tahan lama.

4.      Hindari membeli pengharum berbentuk gel

Pengharum mobil tipe liquid dan gel tentu berbeda. Di mana pengharum liquid berbentuk cair, sedangkan pengharum gel bentuknya sedikit padat. Mengapa pemakaian pengharum gel tidak disarankan? Karena pengharum gel terbuat dari bahan silikon yang terbukti mempercepat proses penguningan di dalam kabin mobil. Jadi, pemakaian pengharum gel itu akan memicu perubahan warna di dalam kabin.

5.      Kenali karakter aroma pengharum dan efeknya

Aroma kayu manis, misalnya, sangat baik untuk membantu seseorang agar tetap fokus dan konsentrasi. Sementara aroma peppermint mampu menyegarkan emosional pengemudi sehingga mampu meredusir potensi perasaan marah, jengkel, stres, serta penat.

Pengharum beraroma melati dan lavender memberikan stimulasi mengantuk. Sedangkan pengharum beraroma rerumputan dan bunga-bunga hutan cenderung membawa pikiran seseorang ke alam bebas di hutan dan penggunungan sehingga bila pikiran terlarut maka pengendalian mobil akan agresif.