5 Tips Memilih Sarung Tangan Motor yang Nyaman untuk Berkendara

5 Tips Memilih Sarung Tangan Motor yang Nyaman untuk Berkendara

7th February 2020 0 By otomotiv

Banyak yang menganggap sepele sarung tangan ketika naik sepeda motor. Karenanya tidak sedikit pemotor yang tidak memakai sarung tangan saat berkendara di jalan raya. Padahal memakai sarung tangan punya manfaat penting dan menjadi bagian dari perlengkapan bermotor yang sangat dianjurkan.

Selain itu, sarung tangan juga bisa menjaga suhu tangan tetap stabil saat berkendara. Saat cuaca dingin, tangan akan tetap hangat dan sebaliknya, di musim panas pun demikian, tangan akan terhindar dari sengatan panas matahari.

Agar tak salah pilih sarung tangan, simak tips memilih sarung tangan motor yang nyaman saat dipakai berkendara.

1.      Pilih sesuai dengan ukuran

Sama seperti memilih jaket, sarung tangan motor juga punya ukuran. Agar nyaman saat menggunakannya, pilih sarung tangan yang sesuai dengan ukuran tangan Anda. Jangan terlalu besar ataupun sempit, pilih yang benar-benar pas. Ukuran yang terlalu besar tentunya akan longgar, sedangkan jika terlalu kecil akan tidak nyaman dipakai.

2.      Pilih sesuai kebutuhan

Sesuaikan model sarung tangan dengan kebutuhan. Jika digunakan untuk kegiatan sehari-hari, pilih model yang sederhana, ringan, dan mudah dipakai atau praktis.

Jika memang ditujukan untuk kegiatan balap tentu pilihlah sarung tangan dengan hard-protector serta mampu melindungi pergelangan tangan.

3.      Pilih bahan yang tepat

Sarung tangan untuk motor umumnya terbuat dari berbagai bahan seperti kulit, jala, gore-texneoprene dan lainnya. Sebisa mungkin, pilih sarung tangan yang sesuai dengan cuaca yang sesuai dengan daerah tempat tinggal Anda.

Sarung tangan motor dari kulit sangat cocok digunakan saat musim hujan karena anti air, sedangkan sarung tangan dari jala cocok digunakan saat musim panas karena terdapat ventilasi udara.

4.      Perhatikan jahitan

Jahitan sarung tangan yang baik bisa melindungi tangan dari cedera ataupun lecet akibat gesekan. Pilihlah yang memiliki pola jahitan yang pas dengan lekuk telapak tangan, sehingga lebih ergonomis.

5.      Pilih yang ada bantalannya

Sarung tangan untuk motor yang baik adalah yang memiliki bahan berbeda antara bagian atas dan bawah. Pada bagian bawah, biasanya ada bantalan yang berfungsi menjaga tangan dari getaran. Tujuan dari bantalan tersebut adalah untuk memberikan perlindungan maksimal, serta tidak membuat tangan terasa pegal saat menggunakannya dalam waktu lama.