6 Cara Membuat Body Motor Kusam Menjadi Kinclong

6 Cara Membuat Body Motor Kusam Menjadi Kinclong

20th January 2020 0 By otomotiv

Salah satu cara mengkilapkan bodi motor dengan instan tentu bisa langsung datang ke salon motor terdekat saja. Tapi Anda  harus tahu bahwa cara ini tidaklah murah, butuh biaya yang cukup mahal.

Body motor Anda juga perlu perawatan. Apalagi pada kalangan anak muda yang pada umumnya mempunyai tingkat penampilannya lebih tinggi. Tenang, Anda tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk cara mengkilapkan body motor. Berikut ini beberapa cara menjaga dan tips mencuci motor selalu tampil mengkilap.

1.      Jauhkan penggunaan detergen

Hal pertama untuk membuat bodi motor tetap mengkilap adalah dengan tidak menggunakan detergen ketika mencucinya. Penggunaan detergen saat mencuci motor malah akan memudarkan warna cat motor yang asli.

Jika Anda ingin mencuci motor, usahakan untuk selalu menggunakan sampo khusus untuk mencuci motor. Usahakan untuk menghindari sampo motor yang di dalamnya ada kandungan Hcl, NaOH dan KOH. Karena kandungan bahan ini sangat berbahaya dan dapat merusak lapisan cat motor Anda, hasilnya malah jauh dari kata mengkilap.

2.      Jauhkan dari sinar matahari secara langsung

Agar bodi motor mengkilap dalam waktu yang lama, Anda harus menjauhkan motor dari sengatan sinar matahari secara langsung. Motor yang terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung akan rusak lapisan cat di bodinya. Sinar matahari memang mengandung sinar ultraviolet yang mampu merusak lapisan cat di bodi motor dan membuatnya kusam.

3.      Cuci motor setelah kehujanan

Mencuci motor setelah kehujanan juga bisa menjadi cara agar bodi motor selalu mengkilap. Air hujan memang berbahaya, karena dapat membuat bodi motor karat yang akan merusak lapisan cat motor.

Kemudian jangan langsung mengelap motor yang baru saja terkena air hujan. Karena, jika Anda belum tahu, air hujan mengandung debu. Jika langsung dilap, maka debu-debu tersebut akan membuat motor menjadi baret bodinya.

4.      Gunakan silikon

Menerapkan silikon atau cairan pengkilap motor termasuk salah satu cara mengkilapkan body motor yang bisa Anda lakukan. Perlu diingat, jangan terlalu sering menggunakan silikon karena dapat mengikis cat motor. Gunakanlah sesekali saja dan jangan menekannya terlalu keras saat dioleskan ke body motor agar cat motor tidak terkelupas.

5.      Gunakan kompon dan poles

Baret pada motor akan membuat bodi motor sama sekali tidak mengkilap, namun jangan khawatir, ada cara mudah untuk menghilangkan goresan tersebut. Cara tersebut adalah dengan menggunakan kompon dan poles.

Kompon adalah gel yang bisa menghilangkan baret pada bodi motor dan membuatnya mengkilap, begitu juga dengan Poles. Caranya gosok bagian bodi motor yang terkena baret dengan kompon, setelah goresannya hilang baru Anda bisa menggunakan Poles untuk mengkilapkannya.

6.      Gunakan beeswax

Cara agar bodi motor mengkilap berikutnya adalah dengan menggunakan Besswax. Selain sebagai salah satu bahan produk kecantikan, beeswax ini juga ampuh untuk merawat motor Anda agar tampal mengkilap. Selain itu, beeswax juga bisa membuat cat tidak mudah pudar dan mengelupas.