6 Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti, jangan Tunda Lagi

6 Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti, jangan Tunda Lagi

19th March 2020 0 By otomotiv

Salah satu bagian vital pada kendaraan adalah ban. Selain menunjang kenyamanan, ban mobil juga sangat berpengaruh pada keselamatan.

Namun masih banyak yang meremehkan fungsi ban. Acapkali tekanan angin ban tidak diperhatikan, apalagi kondisi secara fisik. Padahal dampaknya sangat fatal. Kecelakaan sering terjadi diakibatkan pecah ban atau kondisi yang sudah aus.

Lantas kira-kira apa saja ciri-ciri ban mobil yang sudah tidak layak pakai dan perlu segera diganti? Berikut ulasannya.

1.      Kembang ban menipis

Ban yang sudah botak atau aus sangat memengaruhi pengendalian dan pengereman. Sangat berbahaya bila dipacu kencang dan menemui jalanan licin bila hujan. Grip ban sudah pasti jauh berkurang dan mobil mudah melintir. Perhatikan kembangan ban, bila terlihat tebal dan utuh, masih terbilang aman.

Jika terlihat pudar atau botak, sudah semestinya diganti demi keselamatan sepanjang perjalanan. Ada alat khusus untuk mengukur ketebalan ban. Bila tidak punya, sambangi saja bengkel khusus ban terdekat.

2.      Permukaan ban pecah-pecah

Tinggal di wilayah yang panas ternyata dapat membuat permukaan ban pecah-pecah alias retak. Sebenarnya kondisi ini dapat dihindari apabila ban kerap diberi cairan khusus dan dicuci. Sayangnya banyak yang tidak sadar hingga akhirnya ban rusak. Bila hal ini terjadi, solusinya adalah dengan ganti ban mobil sesegera mungkin.

3.      Usia ban mencapai 3 tahun

Idealnya, usia ban mobil yang layak pakai adalah 3 tahun. Lebih dari itu, karet ban akan kehilangan kelenturan hingga menjadi keras. Dampaknya, pengendara akan menjadi kurang nyaman selama berkendara lantaran ban yang sudah tidak elastis dan mengeras. Untuk itu, segera ganti ban mobil jika usia ban sudah mencapai 3 tahun.

4.      Jarak tempuh ban sudah 40.000 km

Meskipun masa pakai ban belum mencapai 3 tahun, tapi jika mobil sering dipakai bepergian jarak jauh sehingga sebelum 3 tahun jarak tempuh mobil sudah mencapai lebih dari 40 ribu kilo meter, ban mobil perlu segera diganti. Sebab umumnya jika ban mobil sudah dipakai berkendara untuk menempuh perjalanan sejauh 40 ribu kilometer atau lebih, maka ban akan mengalami keausan sehingga perlu diganti secepatnya.

5.      Terdapat benjolan di permukaan ban

Ban yang sudah terlalu lama digunakan, mungkin masih terlihat bagus. Meski demikian, benturan keras bisa membuat permukaan ban motor menjadi bergelombang alias benjol.

Benjolan ini tidak terlihat besar dan bulat. Namun jika permukaan ban tidak merata, bisa berakibat fatal terutama jika melaju kencang dan menikung. Lebih baik ganti ban sebelum terlambat.

6.      Ban bolak balik kempes

Banyak sekali orang usil yang menebar paku di jalanan agar ban kendaraan orang bocor. Bila ban mobil sudah sering kempes dan bolak-balik ditambal, lebih baik mengalami penggantian. Kondisi demikian membuat kekuatan ban untuk menahan beban semakin berkurang. Bukan hanya menghabiskan banyak uang, mobil pun bisa celaka bila hal ini dibiarkan.