7 Peralatan Darurat yang Wajib Ada di Mobil

7 Peralatan Darurat yang Wajib Ada di Mobil

24th January 2020 0 By otomotiv

Persiapan matang perlu dilakukan pengemudi kendaraan, khususnya roda empat. Bukan hanya soal skill berkendara, tapi juga terkait dengan berbagai peralatan yang sekiranya diperlukan dalam kondisi mendesak.

Pasalnya tak pernah ada yang tahu apa yang akan terjadi di jalanan, jadi menyiapkan segalanya dengan matang dan lengkap penting diperhatikan. Salah satu antisipasi yang bisa dilakukan adalah menyiapkan beragam perlengkapan di dalam mobil. Barang-barang tersebut bukan sekadar membuat pengemudi merasa nyaman, tetapi juga harus bisa dipakai dalam keadaan darurat.

Lalu, barang apa sajakah yang wajib Anda bawa selama berkendara?

1.      Tool kit

Tool kit adalah salah satu barang serbaguna yang bisa membantu memperbaiki kendaraan Anda dengan cepat dan mudah.Tool kit yang digunakan pada kendaraan bermotor maupun mobil biasanya berisikan obeng, tang, kunci inggris, kunci pas, selotip, lem besi, lakban, pisau/cutter, senter, dan beberapa perangkat penting lainnya.

Jika Anda merasa perangkat tersebut kurang cukup, siapkan pula beberapa perangkat cadangan seperti busi, minyak rem, dan air bersih. Hanya saja, alangkah baiknya jika tool kit Anda simpan saja di bagasi kendaraan Anda, mengingat perangkat tool kit cukup memakan tempat jika di simpan di dalam kendaraan Anda.

2.      Kabel jumper

Kabel jumper merupakan alat yang digunakan ketika mobil mendadak mogok yang disebabkan oleh aki yang soak. Teknik jumper dilakukan untuk mengalirkan listrik dari baterai lain ke baterai mobil yang soak, untuk mengisi aki mobil supaya bisa di starter. Jadi, untuk kamu pastikan jangan lupa untuk membawa kabel jumper dalam mobil.

3.      Segitiga pengaman

Pabrikan mobil umumnya telah menyediakan segitiga pengaman bersama dengan toolkit. Jika belum tersedia, sebaiknya Anda membeli alat ini dan pilihlah yang memantulkan sinar agar bisa terlihat oleh pengendara lain.

Perlu diketahui, segitiga pengaman harus diletakkan dalam jarak beberapa meter dari posisi mobil berhenti. Ini untuk menjadi tanda bagi pengemudi mobil lainnya dan menghindari tabrak dari belakang.

4.      Tali derek

Menarik mobil merupakan cara terakhir ketika mobil sudah tidak bisa diperbaiki di lokasi. Jika sudah begini, Anda sebaiknya menggunakan tali khusus derek. Namun, jika tidak mau repot cukup menghubungi bengkel langganan atau layanan jasa derek mobil.

5.      Ban cadangan

Setiap kendaraan berjenis roda empat sudah pasti dilengkapi dengan ban cadangan. Meski sudah menjadi perlengkapan standar, kondisi ban cadangan wajib Anda perhatikan agar kondisi ban cadangan prima di saat Anda membutuhkannya. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah pengecekan tekanan angin setiap bulan, pengecekan kondisi alur ban, dan perawatan dengan menggunakan semir ban.

6.      Dongkrak

Perangkat ini sejatinya berlaku untuk kendaraan berjenis roda empat. Dongkrak sendiri berfungsi sebagai alat untuk mengangkat mobil. Terdapat beragam jenis dongkrak yang bisa Anda temui di pasaran, dari mulai dongkrak botol, dongkrak gunting, hingga dongkrak buaya.

7.      Kotak p3k

Tidak perlu yang ribet. Anda cukup siapkan kotak P3K sederhana yang berisi perban, plester, cairan antiseptik, gunting, obat khusus, dan barang lain yang dianggap penting. Kotak P3K yang terlalu besar juga tentunya akan membuat bingung dalam memlilih tempat meletakannya. Karena perlengkapan di kotak P3K hanya dipakai dalam keadaan darurat, perhatikan juga waktu kedaluwarsa dari obat-obatan khusus yang ada di dalamnya.