7 Tips Memilih Sepatu Riding yang Nyaman untuk Touring

7 Tips Memilih Sepatu Riding yang Nyaman untuk Touring

12th February 2020 0 By otomotiv

Sepatu merupakan salah satu perlengkapan safety yang wajib dikenakan setiap pengendara sepeda motor. Tapi tidak semua sepatu aman dipakai untuk berkendara motor ya. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi supaya sepatu riding tersebut aman dipakai.

Bagi Anda yang gemar touring ini pemilihan sepatu yang akan digunakan untuk touring bukanlah hal yang bisa diremehkan. selain untuk menghindari cedera di bagian kaki, sepatu touring yang baik juga memperkecil kemungkinan pengendara terpeleset akibat sepatu yang licin.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih sepatu untuk touring. Apa saja?

1.      Pilih modelnya

Sepatu riding punya banyak jenis atau modelnya sob, ada yang tipe standar, balap dan juga touring. Masing-masing punya fungsi yang disesuaikan dengan peruntukan berkendara. Khusus untuk kebutuhan touring motor, Anda dapat memilih sepatu yang melindungi sampai pergelangan kaki Anda.

2.      Pilih sepatu dengan perlindungan terbaik

Fungsi sepatu riding utamanya untuk melindungi pergelangan kaki yAnda. Carilah yang bisa melindungi dengan baik tapi tidak membuat kaki khususnya pergelangan kaki Anda cepat lelah. Selain untuk melindungi, sepatu dengan perlindungan terbaik dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda.

3.      Pilih yang ada bantalan shifter nya

Kalau memungkinkan, carilah sepatu yang memiliki bantalan shifter, hal ini dapat membuat Anda menjadi lebih nyaman dan juga bikin sepatu lebih awet.Tapi jika tidak ada, Anda bisa membeli sendiri bantalan shifter untuk kemudian dipasangkan di sepatu riding Anda.

4.      Perhatikan kualitas sol

Memilih sepatu untuk touring jangan cuma lihat desainnya saja, perhatikan juga apakah sepatu riding incaran Anda mempunya kualitas sol yang baik. Karena dengan sol dan heal yang berkualitas, bisa memberikan stabilitas dan grip yang baik di segala cuaca.

5.      Perhatikan bahannya

Umumnya sepatu riding terbuat dari bahan kulit karena terkenal lebih tahan lama dan tahan di berbagai kondisi. Akan lebih baik lagi jika sepatu riding yang ingin kamu beli, memiliki ventilasi udara agar kaki tetap nyaman walau dalam cuaca panas.

6.      Pilih yang dapat melindungi pada bagian rentan

Sepatu riding yang baik punya kemampuan untuk memberikan perlindungan lebih pada bagian yang rentan mengalami cedera. Umumnya terbuat dari bahan kevlar di bagian ankle alias pergelangan kaki Anda.

7.      Tahan air lebih baik

Anda tidak dapat memastikan kondisi cuaca selama perjalanan touring. Sebaiknya Anda memilih sepatu riding yang tahan air, hal itu akan menjadi nilai tambah yang bagus karena dapat membuat sepatu Anda lebih awet kalau sering-sering terkena hujan.