Agar Terlihat Bersih, Begini Cara Merawat Karpet Mobil

Agar Terlihat Bersih, Begini Cara Merawat Karpet Mobil

23rd April 2020 0 By otomotiv

Menjaga kebersihan kabin menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang, termasuk kebersihan karpet mobil. Karpet yang bersih akan menghadirkan udara segar yang terbebas dari debu.

Untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang, juga membuat estetika kabin terlihat bersih, hangat dan mewah, setiap pabikan mobil selalu memberikan karpet dasar di kabin mobil. Selain itu karpet dasar juga mempunyai peran sebagai pelapis dasar antara plat mobil paling dasar dengan ruang kabin.

Untuk memudahkan dalam menjaga kebersihan karpet dasar, sebagian konsumen melapisinya dengan menggunakan bahan kulit sintetis, karet, dan Poly Vinyl Chloride (PVC) atau disebut comfor mat. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan karpet mobil.

1.      Pilih sikat yang tepat

Sikat memiliki tekstur bulu yang berbeda. Untuk kendaraan yang memiliki karpet dasar berbahan beludru halus sebaiknya gunakan sikat berbulu halus untuk melindungi lapisan beludru agar tetap halus dan lembut.

Sementara, untuk jenis beludru kasar gunakan sikat dengan bulu yang lebih padat serta keras untuk memberikan kemudahan dalam mengangkat debu. Tidak hanya itu, sikat juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada karpet berbahan semi kulit dan karet.

2.      Gunakan sapu dan vacuum cleaner

Agar kabin tetap bersih, bersihkan karpet dasar mobil menggunakan sapu kecil dan vacuum cleaner agar debu dan kotoran yang tersisa bisa segera dihilangkan. Pastikan bahwa setiap sudut pada bodi mobil sudah tidak terdapat debu dan kotoran lagi sehingga udara di dalam kabin tetap segar dan nyaman.

3.      Bersihkan dengan sabun

Supaya karpet lebih bersih, sebaiknya saat mencucinya menggunakan campuran air dan sabun cuci piring atau shampoo mobil. Hal ini bertujuan agar kotoran yang menempel dapat hilang dari permukaan karpet.

Hal tersebut berfungsi untuk menghilangkan debu dan noda yang ada pada karpet dasar. Karpet dasar sebaiknya juga dijemur hingga kondisi kering secara sempurna untuk menghadirkan interior yang nyaman, bersih, serta wangi.

4.      Bilas dengan air bersih

Setelah diberikan sabun, karpet berbahan karet tersebut selanjutnya dibilas menggunakan air bersih dan dijemur di ruang yang terbuka hingga kering, untuk selanjutnya digunakan kembali sebagai alas kaki penumpang dan pengendara.