Alasan Kenapa Harus Menghindari Oli Motor Palsu

Alasan Kenapa Harus Menghindari Oli Motor Palsu

30th December 2019 0 By otomotiv

Oli motor memiliki peranan penting untuk menjaga performa mesin. Tugasnya adalah untuk melumasi banyak komponen agar tidak terjadi gesekan saat proses pembakaran.

Karenanya, sangat dianjurkan untuk memilih oli motor yang asli. Jika menggunakan yang palsu, ada risiko besar untuk kerusakan mesin, seperti dilansit situs Suzuki Indonesia.

Jika digunakan secara terus-terusan, oli motor palsu akan mempengaruhi kinerja kendaraan. Tak jaran penggunakan oli palsu membuat periode turun mesin datang lebih cepat. Itu karena gesekan yang terjadi di antara komponen tak bisa diredam dengan baik.

Jika digunakan dalam jangka penting memang tidak akan memberikan efek besar. Tapi, tetap saja penggunaan oli palsu akan memberikan masalah untuk beberapa komponen, di antaranya adalah piston dan dinding silinder.

Itu karena kedua komponen tersebut harus bekerja keras untuk menghasilkan gesekan dan panas yang tinggi. Jika kendaraan Anda menggunakan oli palsu, maka komponen ini tidak akan terlumasi dengan sempurna.

Selain itu, kepala silinder tempat klep dan noken as akan menghasilkan gesekan yang tinggi. Dalam jangka waktu lama, pemakaian oli palsu akan menyebabkan noken as terkikis dan hancur.

Oli palsu yang digunakan secara terus-menerus juga bisa menyebabkan endapan oli di bagian mesin. Endapan ini bisa menjadi salah satu penyebab rusaknya mesin.

Jika mesin sudah mengalami kerusakan, pemilik harus mengeluarkan dana sangat tinggi. Karena itulah selalu gunakan oli asli sesuai standar pabrikan. Lakukan proses ganti oli di bengkel resmi agar oli yang digunakan asli dan sesuai standar yang sudah ditetapkan.