Beberapa Penyebab Lampu Motor Sering Mati Tiba-tiba

Beberapa Penyebab Lampu Motor Sering Mati Tiba-tiba

13th December 2019 0 By otomotiv

Lampu motor merupakan salah satu spare part sekaligus aksesoris motor yang paling penting. Kondisinya harus optimal. Selain untuk mematuhi peraturan lalu lintas, ini juga penting untuk hal keamanan.

Ya, aksesoris motor ini menjadi bagian yang paling berguna saat Anda terpaksa berkendara di malam hari. Lampu motor pun akan bekerja secara baik jika sistem kelistrikan, termasuk baterai aki, dalam kondisi yang baik pula.

Karenanya, akan jadi sebuah masalah jika lampu motor kita sering padam tiba-tiba. Untuk hal ini, ada beberapa tips mudah untuk memperbaikinya jika Anda mengalami hal tersebut. Berikut rinciannya:

1. Masalah Kabel

Jika saluran kabel bermasalah, hal itu akan menimbulkan masalah pada lampu motor yang mungkin akan redup atau mati. Kondisi ini akan dialami jika ada kabel yang putus atau terkelupas.

Untuk mengatasinya, Anda harus memeriksa dengan teliti saluran kabel yang menyambungkan sistem kelistrikan ke lampu motor. Jika kondisinya memang buruk, potong bagian kabel tersebut dan ganti dengan kabel yang berukuran sama.

2. Kondisi Bohlam

Ini menjadi bagian yang cukup sering mengalami masalah. Tak jarang bohlam akan mati saat Anda menghidupkan dim, tapi menyala normal saat jarak pendek. Untuk itu, Anda harus memeriksa apakah daya yang tertera sudah sesuai dengan yang direkomendasikan oleh produsen motor.

3. Sakelar Lampu

Sakelar lampu kerap menjadi penyebab utama matinya lampu motor. Terkadang, sakelar tidak berfungsi normal untuk memindahkan nyala lampu jarak jauh-dekat atau jarak dekat-jauh. Kemungkinan penyebabnya ada air yang masuk sakelar.

Solusinya, putuskan saluran daya baterai yang mengarah ke sakelar dan lampu depan. Periksa sakelar tersebut apakah ada lelehan plastik atau percikan air.

4. Masalah Relay

Penyebab lampu redup pada motor sering ada di bagian relay. Jika kondisi tersebut dialami, langkah yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan pada bagian relay atau sekring satu jalur dengan lampu motor.

Jika relay tak berfungsi secara optimal, kemungkinan bisa membuat lampu depan tak menyala ketika mesin dinyalakan. Solusinya, copot relay dari tempatnya dengan menggunakan diagram listrik, berikan daya 12 volt ke dudukan aktivasi dan periksa kontinuitas di jalur sakelar. Hapus daya dan periksa berulang-ulang.