Beli Helm Online? Simak 5 Tips Berikut Agar Tidak Salah Pilih

Beli Helm Online? Simak 5 Tips Berikut Agar Tidak Salah Pilih

13th March 2020 0 By otomotiv

Salah satu atribut penting yang perlu dikenakan saat mengendarai sepeda motor adalah helm. Helm memegang peranan penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan saat berkendara khususnya untuk bagian kepala.

Berdasarkan fungsi, helm sangat dibutuhkan oleh pengendara, sehingga tidak sulit ditemukan di pasaran. Namun, terkadang membeli secara online menjadi pilihan sebagian orang, karena disebabkan oleh berbagai alasan seperti praktis. Apa yang perlu diperhatikan untuk membeli helm motor secara online? Berikut tipsnya.

1.      Kunjungi toko online yang terpercaya

Kemudahan berbelanja di toko online merupakan pilihan yang lebih nyaman untuk berbelanja helm motor secara online. Untuk itu, perlu dipastikan toko online yang dipilih harus memiliki kualitas pelayanan yang baik. Jangan sampai Anda berbelanja di toko online yang rawan terjadi penipuan.

2.      Perhatikan detail produk helm

Helm yang dapat melindungi kepala dengan baik terletak pada kualitas hard shell. Oleh karena itu, perhatikan mengenai detail produk seperti material pembuat. Hal tersebut sangat penting agar dapat menahan benturan ketika kamu terjatuh. Untuk poin ini, jangan segan-segan meminta foto asli pada penjual sebagai bukti konkrit.

3.      Pilih yang sesuai ukuran kepala

Karena helm motor akan digunakan saat berkendara dalam jarak dekat maupun jauh, pastikan helm motor yang dipilih memiliki ukuran yang sesuai dengan kepalamu. Ukuran helm akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara. Helm yang ukurannya tidak sesuai dapat mengganggu konsentrasi kamu saat berkendara dan berpotensi mengakibatkan kecelakaan.

Sebaiknya helm tidak terlalu sempit karena dapat menaham aliran darah di sekitar kepala. Sementara helm yang terlalu besar bisa terlepas ketika terjadi benturan dan justru tidak dapat melindungi bagian kepala Anda.

4.      Helm full jauh lebih aman

Ada 2 jenis helm yang biasa digunakan, helm half face dan helm full face. Helm half face umumnya hanya melindungi kepala atas dan belakang. Sementara itu, helm full face justru melindungi seluruh bagian kepala hingga wajah sehingga kepala menjadi benar-benar terlindungi. Jauh lebih aman dari benturan dan sangat disarankan.

Meski demikian, helm full face seringkali terasa berat dan membebani kepala. Pilih helm full face yang ringan dapat membebaskan leher menjadi tidak cepat pegal.

5.      Pilih yang sulit dicuri

Helm adalah salah satu produk yang banyak dibutuhkan, sehingga berpotensi dicuri. Apalagi, kalau memiliki tampilan dan kualitas bahan yang baik. Untuk menghindarkan kamu dari kemungkinan buruk tersebut, kamu memerlukan pengaman ekstra.

Pilihlah helm yang memiliki fitur anti maling yang berupa lubang kecil sebagai celah untuk memasukkan kunci pengikat agar menghalangi tangan-tangan jahat mengambil barang kamu. Saat membeli secara online, perhatikanlah detail produk apakah fitur tersebut ada pada helm incaran kamu.