Car Seat Si Kecil Kotor? Begini Cara Membersihkannya

Car Seat Si Kecil Kotor? Begini Cara Membersihkannya

25th May 2020 0 By otomotiv

Sudah berapa lama car seat dibiarkan di dalam mobil? Walau hampir setiap saat digunakan untuk membawa anak saat mengajaknya berkendara, tempat duduk bayi ini pasti jarang dibersihkan. Jika dibersihkan pun, Ibu cenderung melakukan pembersihan sederhana, yaitu hanya mengelap bagian luar kursi.

Padahal, ada cara mudah untuk membersihkannya. Inilah 5 cara membersihkan car seat agar aman digunakan si kecil.

1.       Copot bagian dengan hati-hati

Hal pertama yang dapat Ibu lakukan untuk membersihkan tempat duduk bayi ini adalah dengan melepas tiap bagiannya dengan hati-hati. Ibu dapat melepaskan seat dari tempatnya (jok mobil) dan letakkan di atas alas yang telah disiapkan.

Lalu, balik posisi seat secara perlahan untuk menghilangkan remah-remah, debu, kotoran, dan makanan yang mungkin terselip. Bagian sela-sela membutuhkan perhatian ekstra. Gunakan kain dan pembersih lalu bersihkan bagian sela-sela car seat.

2.       Baca buku pedoman

Gunakan tisu bayi atau lap basah untuk membersihkan remah-remah dari seat, lalu periksa buku pedoman untuk mengetahui cara membersihkannya lebih lanjut.

Ada beberapa bagian seat yang mungkin membutuhkan cara khusus dalam membersihkannya. Misalnya, Ibu tidak boleh memakai pemutih atau deterjen untuk membersihkan bagian dudukannya. Salah cara membersihkan bisa membuat warnanya cepat pudar, bahan tekstilnya bisa rapuh, dan bahan plastik atau besinya menjadi berkarat dan getas. Hal ini jelas berbahaya, sebab fungsi car seat tidak lagi sempurna. 

3.       Gunakan tangan saat mencuci

Pada beberapa jenis car seat, instruksi manualnya tidak melarang penggunaan mesin cuci. Jika Ibu memiliki jenis yang dapat menggunakan mesin cuci, Ibu tinggal melepaskan penutup dan letakkan ke dalam mesin cuci. Namun, kebanyakan car seat melarang penggunaan mesin cuci dan menyarankan untuk mencucinya dengan tangan.

Jika Ibu memiliki car seat yang harus dicuci dengan tangan, yang dapat dilakukan adalah memasukkan ke dalam bak berisi air hangat. Gunakan seperempat cangkir baking soda dan seperempat cangkir cuka sebagai larutan pembersihnya. Pastikan Ibu mengeluarkan kotoran yang ada, lalu gunakan spons untuk menggosok noda yang membandel. Gosok secara perlahan agar bahan car seat tetap awet. Setelah itu keringkan car seat tetapi tidak di bawah matahari langsung.

4.       Gunakan sabun lembut untuk membersihkan tali

Jangan pernah mencoba membersihkan sabuk pengaman atau tali pengikat di mesin cuci. Hal ini dapat merusak dan mengurangi keefektifannya.

Sebaliknya, celupkan lap atau sikat pembersih lembut ke dalam mangkuk berisi air dingin dan deterjen yang ramah bayi. Mulailah menggosok dengan lembut di lingkaran kecil di bagian atas tali, turunkan ke bawah. Cobalah untuk tidak merendam tali pengikat. Cukup basahi untuk menghilangkan noda.

5.       Jemur di bawar sinar matahari

Jika sarung car seat memiliki bau bahkan setelah dicuci, letakkan di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Untuk mempercepat proses penghilang bau, Ibu juga bisa menyemprotkan cover car seat dengan sedikit semprotan penghilang bau.