Deretan Tips Memilih Knalpot Racing Mobil

Deretan Tips Memilih Knalpot Racing Mobil

28th January 2020 0 By otomotiv

Membuat tampilan terlihat maksimal memang kerap dilakukan oleh pemilik Mobil. Mulai dari memasang kaca film Mobil, mengganti velg sampai knalpot juga tidak luput dari perhatian. Modifikasi yang dilakukan tersebut memang digemari oleh sebagian orang, terutama anak muda. Untuk pecinta modifikasi, mengganti knalpot mobil adalah salah satu hal yang harus dilakukan.

Dengan mengganti knalpot mobil dapat menghasilkan suara yang lebih gagah, tampilan tambah keren dan tarikan mesin menjadi terasa lebih enteng. Untuk mendapatkan seperti yang telah disebutkan di atas, biasanya para pecinta otomotif menggantinya dengan knalpot jenis racing. Untuk mendapatkannya Anda bisa membelinya di toko aksesoris kendaraan dengan harga yang relatif terjangkau.

Apabila Anda ingin membeli knalpot jenis racing, hal pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan kondisi saluran gas buang pada Mobil. Selain itu perhatikan juga strukturnya apabila menginginkan performa mesin menjadi lebih baik. Adapun struktur yang membutuhkan perhatian seperti pipa knalpot, resonator, muffler dan header gas buang.

1.      Saluran gas buang knalpot

Kalau Anda berniat mengganti knalpot racing untuk mendapatkan peningkatan performa kendaraan, sebaiknya pilihlah knalpot yang memiliki desain sesuai dengan ketentuan umum saluran gas buang kendaraan Anda.

Bila tidak, tentu saja akan memperburuk kondisi mobil secara estetika maupun secara ketentuan yang telah dimiliki pemerintah. Pada akhirnya, pengeluaran dana Anda untuk knalpot mobil akan menjadi sia-sia.

2.      Header knalpot

Pada umumnya para pelaku modifikasi yang menginginkan suara lebih garang dengan performa bagus akan mempertimbangkan hal ini. Karena pemilihan model header yang tepat dapat menghasilkan performa yang sangat baik baik pada tarikan ataupun bawah. Oleh sebab itulah pastikan Anda memilih model yang pas dengan selera Anda.

3.      Resonantor

Fungsinya adalah untuk meredam suara yang dihasilkan. Meskipun hanya berguna sebagai peredam saja, tapi jika dimensinya tidak tepat dapat mengakibatkan performa menurun dan boros bahan bakar. Oleh sebab itu pilihlah resonator yang bisa mengalirkan udara dengan baik. Debit udara tersebut dihasilkan oleh CFM dan mengalir melalui resonator. Jadi Anda perlu memperhitungkan masalah estimasi debit udara yang dihasilkan oleh mesin.

4.      Pipa knalpot

Saat mengganti knalpot mobil dengan model racing, pipa knalpot juga harus ikut dilakukan pergantian. Karena hal tersebut memang sudah prosedur supaya bisa menghasilkan performa yang maksimal. Namun dalam pemilihan pipa knalpot tidak boleh sembarangan, pastikan kualitas yang Anda pilih paling bagus dan tidak ada kelebihan material di bagian dalam pipa knalpot. Untuk kondisi paling bagus biasanya memiliki lekukan serta bentuk bulat yang terlihat sempurna. Jika kualitasnya tidak baik dan terdapat kelebihan material, maka gas buang yang melewati pipa sedikit terhambat oleh material tersebut, sehingga performa yang dihasilkan kurang maksimal.

5.      Harga knalpot

Beda merek dan model knalpot racing mobil berpengaruh juga terhadap harga yang dipasarkan. Jika Anda sudah mendapatkan barang incaran, pastikan bahwa harga dari produk tersebut sesuai dengan bujet yang dimiliki. Selain itu, untuk mendapatkan harga terbaik, tak ada salahnya Anda melakukan perburuan ke beberapa toko aksesori mobil.